India Borong Pesawat Amfibi Jepang Senilai 21 Trilliun

Shinmaywa US-2 (Zuma Press)

Kementerian Pertahanan India telah menyetujui rencan untuk membeli 12 pesawat amfibi serbaguna buatan Jepang, Shinmaywa US-2. Nilai total pembelian USD 1,6 miliar atau sekitar Rp21 triliun.

Proses pembicaraan antara Jepang dan India telah berlangsung selama lebih dari dua tahun untuk proyek ini. Ini adalah kali pertama sejak perang dunia ke-2 berakhir, Jepang mau menjual alutsista militer. Ini semenjak Perdana Menteri Shinzo Abe menghapus pelarangan ekspor senjata.

Jepang melarang ekspor senjata semenjak tahun 1967 namun pelarangan ini berhasil dihilangkan Abe pada April 2014.

Nikkei mewartakan, kesepakatan itu dilakukan India-Jepang pada pertemuan Dewan Akusisi Pertahanan yang akan dilakukan pada Senin 7 November 2016.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Minggu (6/11/2016) kesepakatan itu juga akan disandingkan dengan penandatanganan memorandum of understanding (MOU) yang bertepatan dengan kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi. Nikkei juga mewartakan, Modi akan berada di Jepang selama tiga hari.

Selain MOU dan pembelian kapal penyelamat, Abe dikabarkan juga menawarkan pada Modi penggunaan teknologi kereta cepat Jepang di India, menggantikan kereta listrik yang saat ini dipakai di kota-kota besar India.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan