India dan Pakistan Saling Berbalas Tembakan Di Kashmir

Pakistan dan India saling berbalas tembakan di perbatasan Kashmir, pejabat militer Pakistan dan India sama-sama mengklaim tidak mengalami kerusakan ataupun korban jiwa akibat insiden tersebut.

“Pasukan Pakistan hanya merespons tembakan provokasi dari India”, demikian klaim pihak Pakistan, insiden tersebut terjadi pada 4:00 am waktu setempat (23.00 GMT) 01/10/2016 dan berlangsung selama empat jam di sektor Perbatasan Bhimber.

Adapun pihak India memberi konfirmasi “Ada kecil tembakan senjata api dan mortir dari seberang perbatasan yang berlangsung selama sekitar dua jam (04:00-06:00),” Pawan Kotwal, seorang pejabat sipil atas di Jammu dan Kashmir di sisi India, kepada AFP.


“Tidak ada kerusakan disebabkan. Kami siap untuk kemungkinan apapun dan tetap menjaga damai di wilayah Jammu. ”

pertempuran itu terjadi dua hari setelah India mengklaim telah melakukan operasi militer “surgical strikes” di Jalur  yang dijaga ketat militer (Line of Control/LoC), secara de facto belum ada garis perbatasan yang jelas di wilayah sengketa Kahsmir, sedang India terus memburu pejuang Kashmir yang disebut “teroris” yang bersembunyi hanya beberapa kilometer (mil) dari wilayah LoC tapi di dalam teritori Pakistan.


India mengatakan operasi Surgical Strike dilakukan untuk mencegah serang teroris dari wilayah yang dikuasai Penjajah Pakistan, operasi tersebut diklaim berhasil oleh India karena menimbulkan banyak korban dari pejuang Kasmir Merdeka dan “negara yang melindungi mereka “.

Baca Juga:  AU Singapura dan Indonesia Peringati 50 Tahun Hubungan Bilateral dengan Flypast Bersama

Kepala perbatasan India, Letjen Ranbir Singh menyatakan bahwa Pakistan telah diberitahu tentang operasi itu sebelumnya dan bahwa India tidak akan melanjutkan operasi Surgical Strike tapi siap membalas setiap serangan balik Pakistan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan