India Incar Pesawat KT-1 Wong Bee Korea Selatan

Pesawat bermesin baling-baling turboprop KT-1 Wong Bee buatan Korea Selatan yang jadi andalan tim akrobatik Jupiter TNI AU tengah dibidik untuk diakusisi oleh India.
India dan Korea Selatan dikabarkan sedang dalam negosiasi, seperti dilansir oleh NDTV (06/07/2018)

KT-1 Wong Bee akan diproyeksikan India untuk menjadi pesawat latih guna mencetak pilot-pilot baru.

Pesawat KT-1 Wong Bee dengan konfigurasi dua kursi memang sangat cocok sebagai pesawat latih yang super manuver. Dengan mesin P&W PT-6 dan menawarkan kontrol dan manuverabilitas yang baik.

Tim aerobatik The Jupiters yang menggunakan pesawat ini audah banyak mendapat pujian dalam aksinya.


Pembicaraan terkait pembelian KT-1 akan jadi agenda dalam pertemuan PM India Narendra Modi dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In yang berkunjung ke negeri Taj Mahal tersebut. “Kunjungan Presiden Korsel penting bagi India dari perspektif pertahanan dan keamanan.”


Ada dua faktor yang mendasari kepentingan India untuk melanjutkan pembelian KT-1 yang sebenarnya sudah pernah dilirik pada 2011. Yang pertama adalah proses pembelian yang bersih, karena pesawat latih sebelumnya PC-9 Pilatus yang dimiliki 75 unit oleh AU India ditengarai dicemari kasus korupsi.

Yang kedua, India tentu menginginkan pesawat latih yang lebih murah lagi, mengingat harga PC-9 yang mahal. Sementara KT-1 bisa dibeli dengan harga 75 persennya dengan kemampuan yang mendekati. Jadi, logis saja membeli KT-1.

Baca Juga:  Jenderal Rusia: Amerika Bisa Dengan Mudah Kalahkan Korea Utara

Sumber: UC News / Aryo Nugroho

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan