India Incar Program Tank Armata T-14 Rusia Yang Berhenti

India, negara pembeli senjata terbesar di dunia mulai kasak kusuk mengincar kembali program senjata milik Rusia yang mandek. Hubungan Delhi dan Moskow dalam kerjasama mengeksekusi program alutsista sudah pernah terjalin melahirkan rudal Brahmos.

Nah, Rusia yang sedang kena embargo oleh negara barat, menghentikan program Tank Armata T-14 yang sempat ditakuti oleh negara-negara NATO.

Program T-14 Armata Rusia ini walaupun revolusioner dan teknologinya canggih, tetapi biaya risetnya mahal.

India sebagai negara pembeli alutsista Rusia nampaknya mulai mengincar platform T-14 yang dinilai sudah cukup matang. Modernisasi dianggap perlu terutama pada armada T-72M1 Ajeya yang sebagian sudah diupgrade, dan sebagian lainnya belum.

T-14 akan memberikan keunggulan teknologi proteksi dan daya gebuk bagi India dibanding lawan-lawannya. KSAD India Jenderal Bipin Rawat juga sedang di Moskow untuk membahas soal alutsista, diantaranya diduga mencakup T-14 Armata.


Dana dari India dapat digunakan Rusia untuk menyempurnakan lagi T-14, diantaranya untuk memperkenalkan kanon kaliber besar yang diperuntukkan bagi Armata untuk memenuhi potensi terbaiknya, dan memesan lebih banyak T-14, karena Rusia sendiri tentu membutuhkannya.


Sumber: India Times/UC News / Aryo Nugroho

Baca Juga:  Northrop Grumman Ingin Ikut Berperan dalam Program Pesawat Tempur Siluman Jepang

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan