India Kerahkan Pesawat Su-30MKI pada Pitch Black 2018

Angkatan Udara India akan mengirimkan pesawat tempur Su-30MKI-nya ke Australia untuk partisipasi perdananya dalam latihan udara multilateral Pitch Black 2018.

Setidaknya empat atau lima pesawat tempur garis depan tersebut dan satu pesawat angkut C-17 akan terbang ke Australia pada bulan Juli untuk latihan tempur udara selama tiga minggu antara tanggal 27 Juli dan 17 Agustus.

Ini akan menjadi partisipasi perdana India dalam program latihan tempur udara terbesar dibelahan selatan bumi yang melibatkan beberapa angkatan udara lainnya, narasumber mengatakan kepada Deccan Herald.

Pada tahun 2015, India dan Australia sepakat mengenai partisipasi AU India pada latihan perang multilateral tersebut.

Menyusul pertemuan bilateral antara Menteri Pertahanan India waktu itu Manohar Parrikar dan rekannya dari Australia Kevin Andrews, kedua belah pihak membuat pernyataan publik mengenai keikutsertaan India pada Pitch Black 2016.


Namun kemudian AU India tidak dapat mengikutinya karena beberapa permasalahan operasional.

Pada Januari tahun ini, Menteri Industri Pertahanan Australia Christopher Pyne mengkonfirmasi partisipasi India pada Pitch Black 2018 ketika memberi kuliah pada National Defence Collage di New Delhi.

Dilaksanakan sekali setiap tahunnya sejak tahun 2006, latihan tersebut dimulai dengan keikutsertaan Singapura, Thailand, Inggris dan Amerika Serikat dan kemudian berkembang dengan keikutsertaan Perancis dan Malaysia pada tahun 2008.

Selandia Baru ikut pertama kali pada tahun 2010, disusul oleh Indonesia pada tahun 2012.

Baca Juga:  Turki Kembali Tangkap 53 Tentara Dengan Tuduhan Kudeta

Uni Emirat Arab juga ambil bagian pada tahun 2014, disusul oleh Kanada, Jerman dan Belanda pada tahun 2016.

Manuver yang sebagian dipraktekkan di bentangan luas di utara Australia adalah untuk mempelajari offensive counter air dan defensive counter air combat dalam lingkungan simulasi.

Hubungan strategis India-Australia perlahan berkembang. Kedua angkatan laut telah memulai latihan maritim bersama pada tahun 2015 dan edisi keduanya pada tahun 2017.


Namun, New Delhi tidak mengijinkan Canberra untuk terlibat dalam latihan laut multilateral Malabar yang melibatkan AL AS dan Jepang.

India, Jepang, Australia dan AS diyakini telah membentuk persekutuan untuk menangkal perkembangan Tiongkok di wilayah Indo-Pasifik.

Sumber : deccanherald.com/TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan