India Luncurkan Kapal Destroyer Siluman Ketiga Buatan Dalam Negeri, INS Imphal

India meluncurkan Kapal Destroyer Siluman INS Imphal pada 20/4/2019. Ini adalah kapal ketiga dari Project 15B di Mazagon Dock Shipbuilders Limited, Mumbai.

Kapal kelas ini telah menjadi tonggak penting dan kebanggaan nasional karena teknologi dan desainya asli buatan dalam negeri.

Kapal ini adalah yang ketiga jenisnya, dengan kualifikasi kapal destroyer rudal kelas Visakhapatnam untuk Angkatan Laut India.

Total akan ada 4 kapal dari proyek yang senilai 4 milyar dollar ini. Yaitu INS Visakhapatnam, INS Mormugao, INS Imphal, dan INS Porbandar yang masih dalam pembangunan.


Nama Imphal sendiri diambil dari nama kota tempat terjadinya pertempuran Battle of Imphal (8 Maret – 3 Juli 1944) pada Perang Dunia II.


The INS Imphal was named after the Indian city, recognising its contribution as a major battleground during the Second World War. | @MajorPoonia/Twitter

Destroyer siluman buatan india ini punya fitur canggih dan dapat dibandingkan dengan kapal terbaik dari kelas serupa di dunia. Kapal ini telah dirancang secara mandiri oleh Direktorat Desain Angkatan Laut India, New Delhi.

Setiap kapal memiliki panjang 163 meter, beam 17,4 meter, berat 7.300 ton. Kapal menggunakan empat mesin turbin gas untuk mencapai kecepatan lebih dari 30 knot.

Destroyer P15B menggabungkan konsep desain baru untuk meningkatkan kemampuan bertahan, menjaga laut, siluman, dan kemampuan manuver.

Fitur siluman yang ditingkatkan telah diraih melalui pembentukan lambung dan penggunaan perlengkapan dek transparan radar yang membuat kapal sulit dideteksi.

Untuk mendukung operasinya, INS Imphal akan membawa dua helikopter multiperan.

Baca Juga:  Uni Emirat Arab Luncurkan Prototipe Pesawat B-250 di Dubai Airshow 2017

Kapal-kapal ini dikemas dengan berbagai senjata dan sensor canggih, termasuk radar pengawasan multifungsi dan sistem rudal luncur vertikal untuk penghancuran target jarak jauh.

Dengan konten asli yang signifikan, kapal-kapal kelas Visakhapatnam ini adalah wujud kemandirian yang dicapai India dalam desain dan pembuatan kapal perang dalam semangat Make in India.

Sumber: mylesat,com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan