India Luncurkan Kapal Selam Scorpene Ketiga ‘Karanj’

Mazagon Dock Shipbuilders Limited (MDL), galangan kapal India, meluncurkan kapal selam diesel kelas Scorpene ketiga untuk Angkatan Laut India di galangan kapalnya pada tanggal 31 Januari.

Kapal selam itu diberi nama ‘Karanj’ dan diluncurkan oleh Mrs. Reena Lanba, Presiden Asosiasi Kesejahteraan Istri Angkatan Laut India.

Upacara peluncuran tersebut juga dihadiri oleh Panglima Angkatan Laut India, Admiral Sunil Lamba, juga perwakilan dari kementerian pertahanan India dan perwakilan DGA Prancis.

Setelah diluncurkan, kapal selam tersebut ditarik ke Mumbai Port Trust, untuk dipisahkan dari ponton. Karanj sekarang akan menjalani uji coba dan tes, baik di pelabuhan maupun di laut sebelum ditugaskan ke Angkatan Laut India.


MDL India membangun total enam kapal selam di kelas tersebut di bawah perjanjian transfer teknologi dengan Naval Group Prancis.

Dalam pidatonya, Admiral Sunil Lanba, mengatakan bahwa peluncuran Karanj menandai pergeseran yang signifikan dari filosofi pengawakan dan pelatihan yang diadopsi untuk dua kapal selam pertama dan menambahkan bahwa sejak kapal selam ketiga dan seterusnya Angkatan Laut India akan sepenuhnya mandiri dalam proses pelatihan dan sertifikasi.


Dia juga menyebutkan bahwa kapal selam Karanj lama telah melayani negara tersebut selama 34 tahun dari tahun 1969 sampai 2003 termasuk ikut partisipasi dalam perang India-Pakistan tahun 1971. Nama Karanj sebelumnya pernah digunakan oleh kapal selam AL India kelas Foxtrot buatan Uni Soviet.

Baca Juga:  India Incar Program Tank Armata T-14 Rusia Yang Berhenti

Kapal selam kelas Scorpene (juga dikenal sebagai kelas Kalvari) berukuran panjang 67,5 meter dengan tinggi sekitar 12,3 meter. Kapal selam tersebut dilengkapi dengan 360 sel baterai (masing-masing dengan berat 750 kg) yang menggerakkan motor propulsi.

Kapal selam tersebut dilengkapi dengan Submarine Tactical Integrated Combat System (SUBTICS), peluru kendali SM 39 Exocet atau torpedo berat wire guided Surface and Underwater Target (SUT). Kalvari juga dilengkapi dengan umpan pengecoh anti-torpedo C303/S.

INS Kalvari, kapal selam kelas Scorpene pertama AL India diresmikan pada 14 Desember 2017. Kapal kedua, Khanderi, diluncurkan pada bulan Januari 2017, dan saat ini sedang menjalani sea trial dan juga dijadwalkan akan segera diserahkan ke AL India. (navaltoday/TSM)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan