India Mau Bangun Pangkalan Militer di Dekat Aceh

Selain mewaspadai gerak gerik China, pemerintah Indonesia tampaknya harus mewaspadai kekuatan militer China di Barat. Kekuatan negara pengimpor senjata terbesar di dunia ini gak main-main, terutama ambisinya untuk menjadi negara superpower di dunia.

Dilansir media The India Express. India saat ini berencana membangun pangkalan militer di Kepulauan Andaman dan Nikobar (ANI). Pangkalan tersebut akan diisi kekuatan 3 matra: udara, darat, dan laut. Khusus untuk udara, India berencana menempatkan 1 skuadron jet tempur.

Di kedua landasan tersebut, IAF (AU India) saat ini baru menempatkan satu unit helikopter Mil Mi-17V5 dan dua pesawat sayap tetap Dornier Do-228-201.

IAF saat ini memiliki 31 skadron jet tempur dan sedang dalam pengembangan menjadi 42 skuadron.


Kementrian pertahanan India berpendapat perlunya ada pangkalan militer di kepulauan tersebut untuk menghadapi ancaman dari arah Selat Malaka, maupun atas negara tetangganya Bangladesh.

Apakah pangkalan ini bisa jadi ancaman Indonesia. Untuk diketahui, Kepulauan Andaman dan Nikobar terletak 150 km sebelah utara Aceh, Indonesia serta berada di antara Thailand dan Myanmar dengan dipisahkan oleh Laut Andaman. Kepulauan tersebut terdiri dari dua grup kepulauan besar, yakni Andaman dan Nikobar.

India sendiri telah membentuk Komando Andaman dan Nikobar (ANC) tahun 2001 sebagai tindak lanjut dari rekomendasi lintas kementerian yang terkait dengan masalah keamanan wilayah. Akan tetapi, hal itu tidak berjalan mulus karena belum tercapainya titik temu kepentingan antara militer, lingkungan hidup, dan anggaran.

Baca Juga:  Deal! Amerika Serikat Buka Pabrik Pesawat F-16 di India

Bila hal ini terwujud, Kementerian Pertahanan India nantinya akan memerintahkan pengangkatan Panglima Komando Andaman dan Nikobar (CINCAN) yang akan mengendalikan kekuatan tiga matra di wilayah tersebut.


Kepulauan Andaman dan Nikobar membentang 467 km dari tepi utara ke tepi selatan. Gugus kepulauan ini terdiri dari 572 pulau besar dan kecil.

3 Komentar

Tinggalkan Balasan