India Pamerkan Generasi Terbaru Pesawat Latih Tempur HAWK

Roll out perdana Hawk-i. Foto: telanganatoday.news.

Pabrikan pesawat tempur India, Hindustan Aeornautics Limited (HAL) memamerkan pesawat latih tempur Hawk terbaru, HAWK Mk132. Pesawat ini merupakan versi upgrade dari Hawk standar dengan fitur yang lebih canggih diantaranya transfer data terkomputerisasi dengan pusat latih di darat dan sesuai dengan standar latihan pesawat 4G.

Hawk Mk13 yang dilabeli Hawk-i diproduksi HAL dibawah lisensi produsen aslinya dari Inggris, BAE Systems. Alih teknologi ini dibutuhkan India yang dalam rencana jangka panjang membutuhkan banyak pilot baru untuk mengoperasikan pesawat-pesawat baru. India diyakini secara perlahan akan mengubah kiblat pesawat tempurnya dari Rusia ke negara-negara barat.

Setelah mendatangkan Rafale dari Perancis, India sedang mencari pesawat jet tempur mesin tunggal untuk menggantikan armada Mig-21 Bison yang menua. Sampai saat ini, calonya adalah F-16 Viper dan Grippen C/D.

Angkatan Udara India sendiri saat ini sedang lumpuh separuh menyusul langkanya spare part untuk MiG-29 dan permasalahan mesin untuk Su-30 MKI. Hal tersebut diperparah dengan MiG-21 yang sudah menua dan terpaksa dilarang terbang meskipun telah menjalani upgrade program Bison.

India punya program tegas dalam setiap pembelian pesawat tempurnya, bahwa semua pesawat harus dibuat di India berdasarkan program MII, Make In India. Hawk-i sendiri termasuk dalam program tersebut,

“Ini adala pesawat ke-100 Hawk yang diproduksi oleh HAL dan kami bangga karena ini termasuk dalam program Make in India. Hawk-i akan menjadi pesawat latih tercanggih dan sejalan dengan kebutuhan bagi AU India untuk menyiapkan pilot baru,” kata Mr. T. Suvarna Raju, CEO HAL.

Baca Juga:  Diterjang Badai, Sejumlah Pesawat Tempur F-22 Raptor Dilaporkan Rusak

Pesawat ini dijadwalkan akan terbang display saat pameran Aero-India 2017 di Bengaluru.


sumber: telanganatoday.news


 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan