India Potong Anggaran Pesawat Tempur 5G, Mulai Pesimis Bisa Bikin

Ambisi India untuk bisa membuat pesawat siluman 5G mulai terganjal. Mahalnya biaya yang diperkirakan mencapai 2 Miliar Dollar dan akan terus membengkak mulai ditentang para politisi.

Dilansir oleh Military Watch Magazine (16/1/2020) Kemhan India berencana untuk memangkas biaya pengembangan jet tempur generasi kelima India Advanced Medium Combat Aircraft (AMCA).

Mereka belajar dari pengalaman buruk program pesawat tempur ringan/Light Combat Aircraft (LCA) Tejas yang molor, menyedot banyak biaya dan hasilnya dari kemampuanya tidak sesuai harapan.

Menurut Mantan Penasihat Keuangan untuk Kementerian Keuangan Amit Cowsish “AMCA tampaknya saat ini masih dalam program kerja Kementerian Pertahanan, akan tetapi kami tidak yakin proyek ini dapat selesai tepat waktu mengingat proyek sebelumnya melebihi jangka waktu dan biaya”

Pertanyaan terpenting dari program pesawat generasi lima ini adalah apakah AMCA akan menjadi pesawat tempur yang benar-benar asli India 100% atau bekerja sama tranfer teknologi dari negara lain seperti proyek Make in India selama ini?

Berkaca dari Tejas, India belum bisa bikin mesin pesawat sendiri dan sistem avionik yg juga masih impor. Jadinya tambah rumit, karena desainer india harus menyesuaikan antara kebutuhan aerodinamika dan barang impor lainya.

Baca Juga:  Pesaawat F/A-18 Amerika, Dicat Mirip Su-30 Rusia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan