India Punya 272 Sukhoi Su-30MKI dan 40 Pesawat Hejas Buatan Sendiri

Kekuatan Angkatan Udara India secara matematis akan sangat menggentarkan. Negara ini akan punya total 272 unit pesawat tempur su-30MKI yang secara teknis lebih baik dari punya Rusia karena memakai sistem.avionik buatan Barat.

Data tersebut diungkapkan oleh Kepala Staf Angkatan Udara India Marsekal BS Dhanoa buka-bukaan mengenai rencana AU India terkait dengan pengadaan dan operasionalisasi jet tempur Su-30MKI. Seperti dilansir media, India Today.

Menurut sang KSAU, Angkatan Udara India secara total sudah memesan 272 unit jet tempur Su-30MKI yang sebagian besar sudah diserahterimakan ke Angkatan Udara India, dan total order akan selesai pada tahun 2021.

KSAU BS Dhanoa mengakui bahwa pihak Rusia sudah menawarkan untuk menambah jumlah jet tempur kelas berat tersebut, namun begitu India tak mungkin hanya mengoperasikan jet tempur kelas berat seperti Su-30MKI saja.


Untuk itu, 13 skadron Su-30MKI yang operasional pada 2021 sudah dianggap memadai, sisanya akan dipenuhi melalui pembelian jet tempur ringan/ sedang atau yang dikenal sebagai MMRCA oleh Pemerintah India.


Jumlah MMRCA yang akan dibeli sebanyak 110 unit, dan sisanya melalui pengadaan 40 unit Tejas Mk1, jet tempur buatan anak negeri India yang sedang dalam tahap produksi awal.

Sumber: UC News/Aryo

Baca Juga:  Korea Selatan Kembangkan Pesawat Golden Eagle FA-50 Terbaru

1 Komentar

Tinggalkan Balasan