India Setujui Borong Tank Ringan untuk Melengkapi Pasukan Gunung Hadapi China

Angkatan Darat India telah diberi persetujuan oleh pemerintah India untuk melakukan pengadaan darurat tank ringan yang dapat dikerahkan di daerah pegunungan, termasuk perbatasan Himalaya dengan China.

Persetujuan tersebut dikatakan telah dibuat minggu lalu bersama dengan beberapa proyek lain yang disetujui untuk pengadaan darurat.

Pengadaan ini untuk memberikan daya tembak yang lebih baik kepada pasukan gunung India karena mereka mungkin berpotensi menghadapi pasukan China yang dilengkapi dengan tank ringan Type 15 buatan Norinco China yang dirancang untuk operasi di daerah Himalaya untuk Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Persyaratan kebutuhan Angkatan Darat India adalah untuk sebuah tank ringan yang dapat diangkut melalui udara yang dapat diterjunkan di lokasi-lokasi terdepan untuk pengerahan yang cepat.

Hal ini untuk mengkompensasi kurangnya jaringan jalan yang efektif yang menghubungkan perbatasan dengan bagian negara India lainnya.

India mengkonfirmasi bahwa gambar satelit dari tank Type 15 China yang dikamuflase terlihat di dekat perbatasan dengan India di Ladakh.

Hal ini menjadi peringatan kepada para pimpinan pertahanan India sebagai bagian dari studi terperinci yang dibuat oleh Pusat Studi Perang Bersama untuk melirik kembali tank ringan.

Laporan tersebut mengindikasikan bahwa tank ringan memiliki keunggulan mobilitas strategis, operasional, dan taktis yang lebih baik untuk pengerahan secara cepat di area yang tidak dapat diakses di mana pergerakan tank medium atau MBT dapat terhambat.

Baca Juga:  Roll Out Perdana Helikopter T70 Blackhawk Buatan Turki

Ada beberapa area di perbatasan Ladakh yang terlihat di mana tank dan unit mekanis dapat digunakan secara efektif.

India saat ini memiliki opsi terbatas untuk tank ringan, karena mereka tidak memiliki program pembuatan tank ringan. Hanya Rusia yang tampaknya berada dalam posisi untuk memasok tank ini, dengan tank ringan 2S25 Sprut-SD yang berkemampuan lintas udara, yang beratnya hanya 20 ton.

Tank ini akan cukup ringan untuk dibawa oleh armada pesawat angkut strategis C-17 Globemaster III dan Ilyushin Il-76 Angkatan Udara India.

Sumber : asiapacificdefensejournal.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan