India Siap Ekspor Suku Cadang Pesawat Sukhoi dan MiG

Suku cadang pesawat buatan Rusia selama ini

Hindustan Aeronautics Limited (HAL) perusahaan alat pertahanan milik pemerintah India berencana untuk mengekspor berbagai macam suku cadang dan aksesoris untuk mesin yang menggerakkan pesawat tempur Angkatan Udara India seperti Sukhoi Su-30MKI dan Mikoyan MiG-29 ke angkatan udara asing yang juga mengoperasikan dua jenis pesawat tempur yang dikembangkan Rusia.

Sebuah nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh HAL pada 7 Februari dengan agen ekspor pertahanan Rusia Rosoboronexport mempertimbangkan ekspor komponen dan layanan mesin Saturn AL-31FP dan Klimov RD-33 ke “negara sahabat”.

“Para pihak selanjutnya akan menandatangani perjanjian tentang syarat dan ketentuan yang disepakati bersama,” kata MoU, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Pejabat HAL mengatakan kepada Jane bahwa pelanggan yang mungkin untuk suku cadang yang terkait dengan mesin AL-31FP termasuk Aljazair, Angola, Armenia, Indonesia, Kazakhstan, Malaysia, dan Vietnam, sedangkan yang untuk bagian terkait dari mesin Klimov RD-33 terdiri dari beberapa negara seperti Aljazair, Bangladesh, Kazakhstan, Malaysia, Mongolia, Myanmar, dan Serbia. (Rahul Bedi – TSM)

Posting oleh: Abu Hafizh
Sumber teks: janes.com

Baca Juga:  Pesawat Latih Tempur FT-7 Pakistan Buatan China Jatuh