India Sukses Uji Tembak Rudal Dari Kapal Induk INS Vikramaditya

Angkatan Laut India merilis keterangan pers tentang berhasilanya melakukan uji tembak rudal permukaan-ke-udara bernama “Barak” dari kapal induk INS Vikramaditya. Uji tembak rudal dilakukan pada hari Rabu lalu di Laut Arab.

AL India menyatakan bahwa keberhasilan ini sebagai tonggak utama kemampuan pertahanan India. Rudal Barak ditembakkan terhadap target yang terbang rendah dengan kecepatan tinggi.

”Target itu berhasil bergerak dan dihancurkan,” bunyi pernyataan Angkatan Laut India.


”Rudal ini menandai sebuah tonggak penting dalam memberikan intersepsi udara dan kemampuan pertahanan, sehingga meningkatkan kemampuan operasional kapal induk angkatan laut dan armada (tempurnya),” lanjut pernyataan itu, seperti dikutip The Hindu, semalam (25/3/2017).


INS Vikramaditya adalah satu-satunya kapal induk milik India. Kapal ini berasal dari era UnibSoviet tipe Kiev-class dibangun pada tahun 1987 dengan nama Baku.

Kapal induk tersebut kemudian berganti nama menjadi Admiral Gorshkov saat melayani Angkatan Laut Rusia. Pada tahun 2004, India membeli kapal induk itu dan diberi nama INS Vikramaditya.

Baca Juga:  Presiden Filipina Minta Bantuan TNI Untuk Menggempur ISIS di Marawi

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan