India Tangkap Satu Tentara China di Perbatasan

Seorang tentara China ditangkap oleh pasukan India di sektor Chushul di Timur Ladakh pada hari Jumat, dalam insiden kedua di tengah konfrontasi militer yang terus berlanjut di wilayah dataran tinggi sejak itu Mei tahun lalu.

Prajurit Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) ditahan setelah dia melewati Garis Kontrol Aktual (LAC) ke wilayah India dekat bukit Gurung, salah satu enam dari tujuh bukit di ketinggian Pangong Tso yang dikuasai India. Saat ini, Angkatan Darat India sedang menginterogasi prajurit PLA tersebut dengan bantuan penerjemah, untuk memastikan prajurit tersebut sedang dalam misi spionase atau tidak sengaja melewati garis LAC.

“Prajurit PLA itu sedang ditangani sesuai prosedur yang di tetapkan akibat ia melewati garis LAC” kata perwira senior militer India, dikatakan juga Angkatan Darat India telah mengkonfirmasi hal ini kepada PLA China dan tentara tersebut dikabarkan akan dikembalikan di titik pertemuan personel perbatasan Chushul-Moldo.

Prajurit yang tertangkap tersebut mendapatkan bantuan medis, termasuk oksigen, makanan, dan pakaian hangat, untuk melindunginya dari ketinggian dan kondisi iklim yang keras. Belum ada terobosan dalam konfrontasi militer di Ladakh timur, yang sekarang memasuki bulan kesembilan, meskipun beberapa putaran pembicaraan diplomatik dan militer.

Sumber : timesofindia.com

Baca Juga:  MiG-29 India Jatuh Lagi, Nasib Pakai Pesawat Yang Susah Suku Cadangnya

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan