India Uji Terbang Helikopter Ringan Serbaguna

Pembuat pesawat India Hindustan Aeronautics Ltd (HAL) melakukan penerbangan teknis pesawat helikopter desain dan buatan dalam negeri, Light Utility Helicopter (LUH) di Bengaluru, kemarin (06/09). Helikopter itu mengudara pada pukul 12.10 waktu setempat dan berada di udara selama 15 menit di fasilitas HAL. Penerbangan perdana yang sukses itu dilakukan oleh pilot uji HAL.  

Penerbangan ini menandai sebuah awal yang penting dan signifikan untuk pengujian prototipe LUH. Helikopter ini adalah produk helikopter buatan dalam negeri India ketiga yang keluar dari pabrikan HAL setelah ALH dan LCH.

Militer India memiliki kebutuhan untuk 384 helikopter dimana 187 helikopter akan dibangun oleh HAL. Produksi direncanakan akan dimulai pada tahun 2018 dengan produksi 10 helikopter per tahun, kemudian naik menjadi 36 helikopter per tahun dan penyerahan 187 HAL LUH akan selesai pada tahun 2022.


Selain helikopter itu akan menggantikan armada helikopter Cheetah/Chetak India yang telah menua, LUH diharapkan dapat menangkap pangsa pasar yang cukup besar baik di pasar domestik dan internasional.


LUH memiliki maksimum All-Up-Weight (AUW) sebesar 3.150 kg dan dilengkapi dengan mesin Safran HE Ardiden-1U dengan daya 750 KW. Helikopter ini memiliki jangkauan 350 Km, ketinggian terbang 6.500 m, dan kapasitas tempat duduk untuk enam penumpang ditambah dua pilot. Helikopter ini dirancang untuk melaksanakan berbagai peran seperti operasi pengintaian, transportasi, angkut  kargo dan penyelamatan. Helikopter ini dapat beroperasi dari ketinggian permukaan laut hingga  ketinggian tinggi seperti di pegunungan Himalaya.

Baca Juga:  Intelijen Amerika Tunjukka Foto Kapal Iran Dipasangi Rudal Jelajah

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan