India Upgrade Radar Su-30 Pakai Su-35 Agar Bisa Deteksi Pesawat F-35

Agar mumpuni, India upgrade radar pesawat Su-30 agar mampu deteksi pesawat siluman.

Diberitakan oleh Military Watch Magazine (8/10/2019) Bharatiya Vayu Sena alias AU India berencana untuk meningkatkan kemampuan pesawat tempur Superioritas Udaranya yaitu Su 30MKI dengan radar baru, yang mengejutkan India berencana untuk mengintegrasikan radar pesawat tempur Su 35 yaitu Irbis E PESA Radar.

Menurut beberapa sumber dari AU India peningkatan kemampuan Su 30MKI dengan radar superior ini dimaksudkan untuk menetralisir pesawat tempur Siluman China yaitu J 20 yang saat ini sudah beroperasional.


Upgrade ini juga dimaksudkan agar sebagai jalan tengah sembari menunggu India mengembangkan jet tempur generasi kelima yaitu AMCA atau membeli Su 57 dari Rusia.


Selain meningkatkan Su 30MKI dengan radar Irbis E langkah Iainnya adalah membeli rudal udara ke udara jarak jauh terbaru milik Rusia yaitu R -37M yang mampu melibas sasaran pada jarak 150-398 Km, bahkan India juga mempertimbangkan untuk mengakusisi Su 35 dengan opsi lisensi agar memperoleh banyak teknologi kunci.

Su 35 sendiri merupakan pesawat tempur generasi 4++ Rusia yang paling canggih, pesawat dengan kode NATO Flanker E ini teknologinya hampir sebagian besar juga terdapat pada Su 30MKI milik India namun menggunakan bahan komposit yang lebih banyak, mengunakan mesin yang lebih kuat yang dilengkapi dengan Thrust Vector Control (TVC) 3 dimensi serta menggunakan sensor yang lebih kuat seperti IRST OLS 35 yang sudah teruji di Suriah.

Baca Juga:  Demiron Wonda Anggota KKSB Papua Serahkan Diri

1 Komentar

  1. Pesawat kalau di buat kuat kuatan coba saja di buat tabrakan satu sama yang lain..kalau yang masih utuh itu pastikan yang terbaik dan yang terkuat wkwkwk

Tinggalkan Balasan