India Usir Kapal Peneliti Shiyan 1 China Dari Zona ZEE

Angkatan Laut (AL) India dilaporkan telah mengusir sebuah kapal penelitian hidrogafi milik China di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) India pada September lalu.

Insiden yang dilaporkan oleh Komandan AL India itu terjadi di dekat Kepulauan Andaman dan Nikobar, wilayah India yang terletak di Teluk Bengal sekitar 300 km barat daya Myanmar. Shiyan 1, kapal penelitian dan survei yang dioperasikan oleh Lembaga Kelautan Laut China Selatan, terlalu dekat dengan kota utama wilayah itu, Port Blair. Sebuah kapal perang Angkatan Laut India kemudian dikirim untuk memantau kapal China tersebut dan mengawalnya begitu kapal itu masuk tanpa izin.

Laksamana Karambir Singh tidak akan mengkonfirmasi rincian insiden tersebut namun mengatakan: “pendirian kami adalah jika Anda harus bekerja di Zona Ekonomi Eksklusif kami, maka Anda harus meminta izin kami,” ujarnya seperti dilansir dari Russia Today, Rabu (4/12/2019).

Ia juga mengkonfirmasi jika kapal pelitian China Shiyan 1 diminta untuk pergi. Pihak China sendiri tidak mengomentari laporan tersebut.

Shiyan 1 dibangun di Guangzhou pada tahun 2009 dan memiliki lambung seperti kapal catamaran yang tidak biasa. Panjangnya 60 meter, lebar 26 meter, dan bobot mati hampir 700 ton. Kapal ini dilaporkan mampu bertahan selama 40 hari dan dapat melakukan perjalanan hingga 8.000 mil laut per perjalanan.

Secara teknis itu adalah kapal sipil, tetapi instrumennya dapat digunakan untuk mengumpulkan data yang berguna bagi militer China, termasuk peta dasar laut dan tanda tangan akustik kapal selam.

Baca Juga:  Kejar Pakistan, India Akan Perbanyak Unit Sukhoi Su-30MKI

Sumber: sindonews.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan