Indonesia Adalah Negara ke-5 Di Asia Yang Mampu Bikin Kapal Selam

Kapal Selam Chang Bogo ketiga, KRI Alugoro-405 Kelas 209 yang sepenuhnya dikerjakan di pabrik kapal PT PAL oleh para ahli dan insinyur Indonesia membuat bangga Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Dia sangat terharu dengan keberadaan kapal selam ketiga (Kelas Nagapasa) milik Indonesia ini.

“Predikat sebagai negara Asia kelima yang bisa membuat kala selam sendiri selain China, Korsel Selatan, India dan Jepang. Pasti akan diperhitungkan oleh para negara tetangga kita,” kata Luhut Binsar Pandjaitan melalui akun Facebook resminya.

Saat ini Kapal Selam Alugoro masih menjalani serangkaian tes, ditargetkan kapal selam itu akan bisa diserahkan kepada TNI AL pada akhir tahun ini.

“Pelajaran dari pengalaman saya menghadapi industri strategis itu sederhana. Kita punya banyak ahli hebat, orang kita punya kemampuan canggih. Tapi terkadang kita sendiri sering meremehkan kemampuan anak bangsa untuk berbuat yang terbaik,” lanjut mantan Menko Polhukam dan mantan KSP tersebut.

Beberapa tahun sebelumnya, PT PAL meneken perjanjian membuat kapal selam kelas Changbogo dengan Korsel dalam pembangunan kapal selam U-209 buatan Thyssenkrupp Marine Systems, Jerman. Kapal pertama dibangun sepenuhnya di Korsel. Kapal selam kedua separuh dibangun teknisi Korsel dan sebagiannya oleh pakar Indonesia di Korsel. Dan akhirnya kapal selam ketiga ini Alugoro U-209 dibangun sepenuhnya oleh pakar-pakar Indonesia di Surabaya.

1 Komentar

  1. LBP orangnya Halu level dewa..negara asia yg buat kapal selam :
    1.China
    2.Korea Utara
    3.Korea Selatan
    4.India
    5.Iran
    6.Turki
    7.Pakistan
    8.Jepang
    9.Indonesia baru tahap merangkai

Tinggalkan Balasan