Indonesia Dan Swedia Sedang Bernegosiasi Untuk Pembelian 12 Jet Tempur Gripen

Sebuah surat kabar Swedia, Svenska Dagbladet mengabarkan bahwa Indonesia ingin bekerja sama dengan Swedia dan saat ini sedang bernegosiasi untuk membeli dua belas Gripen dari Saab.

Dalam beritanya, Surat kabar itu mengatakan bahwa Indonesia akan memilih pesawat Gripen C/ D dari tiga pilihan utama alutsista yanh akan diborong oleh Indonesia. Meskipun ada opsi sewa, namun Indonesia sepertinya akan memlih opsi beli dengan Transfer teknologi.

Gripen akan diproyeksikan untuk menjadi pengganti Pesawat Northop F-5 Tiger. Proposal penggantian pesawat ini telah berlangsung selama sepuluh tahun ini dengan pesaing utama adalah Su-35 Rusia dan versi terbaru dari F-16 AS.


“Tapi setiap peralatan tempur yang ingin dibeli pemerintah Indonesia tidak diputuskan oleh Menteri Ryamizard Ryacudu, tulis Svenska Dagbladet ketika bertemu dengan Menteri saat berkunjung ke Stockholm,” kata surat kabar itu.


Sebuah keputusan dapat sesuai dengan apa yang disarankan oleh menteri pertahanan, yang akan diputuskan sebelum tahun 2018, sebagaimana dilansir dari laman SVD Naringslip (09/05).

Sumber : bors-nliv.svd.se

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan