Indonesia Galangan Dukungan di PBB Tolak Usulan Trump Soal Palestina

Militermeter.com – Arah politik Indonesia soal Palestina masih konsisten dan jelas sejak era Presiden Soekarno. Bahwa Palestina harus merdeka dari penjajahan Israel dan menjadi negara bangsa yang sendiri yang berdiri tegak di dunia.

Menyikapi usulan draft perdamaian Donald Trump dan Israel yang merugikan Palestina. Perwakilan resmi Indonesia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tengah menyusun draft resolusi untuk menolak proposal perdamaian Israel-Palestina gagasan Amerika Serikat yang baru dirilis Presiden Donald Trump.

Draf resolusi yang digagas Indonesia bersama Tunisia itu berfokus menolak rencana Israel mencaplok wilayah permukiman ilegal di Tepi barat, Palestina, yang tertuang dalam proposal damai Israel-Palestina gagasan Trump.

Dalam rencana Donald Trump, pemukiman Yahudi di Tepi Barat yang selama ini tanahnya hasil dari merampas tanah milik warga Palestina tidak akan dikembalikan secuil pun.

Peta baru Palestina sesuai kemauan donald trump. Foto: BBC

Pejabat perwakilan Direktorat Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Ahimsa Sukartono membenarkan langkah yang tengah ditempuh Indonesia di DK PBB itu. Menurut dia, ini merupakan salah satu bentuk komitmen Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Ini sejalan dengan nafas pembukaan UU 1945, bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa.

Baca Juga:  Dituduh Siap Makar, Ini Jawaban Panglima TNI

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan