Indonesia – Korsel Sepakat Lanjutkan Proyek Pesawat KF-X 

Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) menyepakati untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan pertahanan. Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia dan Korsel sepakat meningkatkan kemitraan kedua negara menjadi spesial strategis partnership dengan penajaman akselerasi industrialisasi di Indonesia. Menurut Presiden, pemerintah kedua negara sepakat untuk peningkatan investasi Korea Selatan hampir dua kali lipat di tahun 2017 ini.
Data investasi Korsel di Indonesia menunjukkan, pada 2015 total nilai investasi Korsel di Indonesia mencapai USD1,21 miliar. Sementara volume perdagangan yang melonjak 19,3% pada tahun 2017 ini, menurut Presiden Jokowi akan terus ditingkatkan.

Kerja sama di bidang industri kreatif juga akan ditingkatkan. Selain itu juga dia menitip kepada Presiden Moon terkait para pekerja Indonesia terutama yang bekerja di sektor perikanan. Pertemuan kemarin juga membahas konflik yang terjadi di Semenanjung Korea. Jokowi mengatakan, posisi Indonesia ialah mendesak Korea Utara untuk mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB terkait denuklirisasi Semenanjung Korea dan menghentikan uji coba peluncuran misil.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, suatu kehormatan baginya menerima kunjungan kenegaraan dari Presiden Moon Jae-In di Istana Kepresidenan Bogor. “Kunjungan Presiden Moon merupakan kunjungan pertama ke negara ASEAN (setelah terpilih pada Mei 2017). Hal ini perlu dimaknai sebagai komitmen kuat untuk terus meningkatkan hubungan bilateral kedua negara,” katanya saat konferensi pers di Istana Bogor.

Baca Juga:  Sekilas Kapal Perang Flagship TNI AL KRI Raden Eddy Martadinata-331

Tidak hanya melihat kawasan Istana Jokowi kemarin juga membawa Presiden Moon mengunjungi Bogor Trade Mall. Dalam kesempatan itu, Moon membeli batik berwarna merah dan memilihkan batik warna biru untuk Jokowi. Selain membeli batik, Moon juga menyempatkan diri minum di salah satu kios teh yang berada tidak jauh dari toko batik.

Presiden Korsel Moon Jae In mengatakan, dia dan Presiden Jokowi memiliki kesamaan yaitu mengutamakan rakyat, dan pengembangan ekonomi bersifat toleran. Berdasarkan kesamaan tersebut, Moon meyakini, ini akan menjadi kesempatan bagus menumbuhkan pemahaman bersama di antara kedua negara.

Indonesia-Korsel juga bersepakat untuk mempertahankan kerja sama industri pertahanan terutama untuk kelancaran pembangunan jet tempur KFX/IFX. “Saya yakin sekali pertemuan seperti ini akan menjadikan hubungan bilateral menjadi kuat,” katanya.

Untuk meningkatkan kerja sama, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Korsel kemarin menggelar forum bisnis. Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan, bahwa Korea merupakan mitra strategis Indonesia untuk mempercepat pelaksanaan program-program pembangunan nasional, terutama pembangunan infrastruktur, energi, kawasan industri, pariwisata dan industri maritim.


Sumber : sindonews.com

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan