Indonesia-Rusia Pererat Kerjasama Keamanan Melalui FKB ke-4

Indonesia dan Rusia mempererat kerjasamanya di bidang keamanan melalui Forum Konsultasi Bilateral (FKB) ke-4 antara Kementerian Koordinasi Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia dengan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia yang diselenggarakan pada 1 Maret 2018 dibJakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Menko Polhukam Wiranto sebagai Ketua Delegasi Indonesia sedangkan dari Delegasi Rusia dipimpin oleh Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Y.M. Nikolay Patrushev.

“Forum Konsultasi Bilateral membicarakan beberapa isu bidang hukum dan keamanan, diantaranya adalah peningkatan dan penguatan kerja sama bilateral kedua negara terutama kerja sama bidang penegakan hukum, kerja sama teknis militer, keamanan siber, pemberantasan pendanaan terorisme, serta penguatan kerjasama penanggulangan terorisme,” kata Wiranto dalam keterangan tertulis, Jumat (2/3/2018).

Wiranto mengatakan, dalam pertemuan dengan Sekretariat Dewan Keamanan Rusia, banyak hal yang dibicarakan. Salah satunya terkait alatnutama sistem persenjataan (alutsista).


“Kami bicarakan alutsista juga. Rusia juga menawarkan banyak sekali alutsista yang canggih-canggih dan siap untuk bisa digunakan di Indonesia dengan cara dibeli,” ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat
(2/3/2018).


Ia melanjutkan kerjasama penanggulangan terorisme yang dimaksud terutama dalam
menangani teroris yang kembali ke negara asal atau foreign terrorist fighter returnee Melalui Forum Konsultasi Bilateral ini, Indonesia
dan Rusia sepakat untuk meningkatkan saling pengertian atas isu-isu politik, hukum dan keamanan yang menjadi perhatian bersama.

Baca Juga:  Australia Sebut Indonesia Batal Beli Sukhoi Su-35 Dari Rusia

Hal ini sebagai wujud komitmen kedua negara menjaga stabilitas keamanan di kawasan dan demi terciptanya kesejahteraan. Komitmen tersebut akan dituangkan diakhir pertemuan dalam bentuk Pernyataan Bersama.

Sebelumnya diketahui, FKB pertama
diselenggarakan di Rusia pada 22 Juni 2015, FKB ke-2 di Indonesia pada 9 Februari 2016, dan FKB ke-3 di Rusia 22 Mei 2017.

Turut hadir dalam FKB ke-4 ini, Muhammad Anshor, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Kementerian Luar Negeri; Mayjen TNI Hartind Asrin, Direktur Jenderal Strategi Pertahanan, Kementerian Pertahanan; Cahyo Rahadian
Muzhar, Plt. Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM; Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, Asisten Intelijen Panglima TNI.

Selain itu hadir pula Mayjen TNI Asep Subarkah, Deputi Kontra Intelijen, Badan Intelijen Negara; Brigjen Pol. Eddy Hartono, Wakil Kepala Densus
88 Anti Teror, Polri; Brigjen (Mar.) Suharyanto, Deputi Bidang Pengamanan Persandian, Badan Siber dan Sandi Negara; Irjen Pol. Firman Shantyabudi, Deputi Bidang Pemberantasan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan; Kombes Pol. Kris Erlangga AW,
Direktur Bilateral, Badan Nasional
Penanggulangan Terorisme; serta Andriana Supandy, Direktur Kerja Sama, Badan NarkotikanNasional sebagai anggota delegasi.

Sementara itu, anggota delegasi Rusia yang hadir antara lain Oleg Khramov, Wakil Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia dan Oleg Plohoy, Deputi I Kementerian Kehakiman Federasi Rusia.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan