Indonesia Seret, Korsel Rayu Vietnam Ikut Proyek Pesawat KFX

Gara-gara pembayaran Indonesia yang tersendat-sendat, Korea Selatan sekarang sibuk mencari mitra baru untuk pengembangan proyek pesawat tempur KFX.

Selama proyek jet tempur KFX dikerjakan oleh dua negara yaitu Korea Selatan dengan Cost Sharing 80% dan Indonesia dengan Cost Sharing 20%. Namun Indonesia mulai seret bayar kewajibanha.

Seperti diberitakan oleh Bao Dat Viet (17/101/2019) pada ajang Pameran ADEX 2019 Delegasi Militer Vietnam pun tidak ketinggalan untuk melihat jet tempur canggih buatan Korea Selatan, pada ajang tahunan tersebut Delegasi Militer Vietnam memperhatikan dengan seksama detail Mock up jet KFX-IFX tersebut.

Walaupun masih dalam tahap pengembangan namun jet ini mempunyai masa depan yang cerah, pasalnya KFX adalah pesawat generasi 4,5/5 yang diatas kertas dapat diakses oleh negara-negara yang tidak mampu membeli F 35 besutan AS atau Su 57 lansiran Rusia.

Menurut Jung Kwang Sun dari DAPA Korea Selatan “Kami berencana untuk menyelesaikan desain rinci pada September 2019 dan mulai memproduksi prototipe tahun 2020 dan segera melakukan uji terbang tahun 2022”

Akankah Vietnam tertarik untuk bergabung kedalam proyek Ambisius ini bersama Indonesia? Walaupun ada potensi namun nampaknya Vietnam sebagian tangannya sudah terikat pada teknologi pesawat tempur Rusia. Beberapa waktu yang lalu Vietnam pun juga menyatakan ketertarikannya kepada Su 57E Frazor.

Vietnam sendiri juga sempat diancam jika membeli pesawat tempur berbau barat atau Amerika, ya dimaklumi, karena negeri Paman Ho tersebut adalah anak emas Uni Soviet di zaman dulu.

Baca Juga:  Australia Tarik Pesawat Tempurnya dari Irak dan Suriah

Sumber: World Defense News

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan