Indonesia Tekan Kontrak Pembuka Untuk Pembelian Kapal Frigat Iver Huifeldt

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dilaporkan oleh website janes.com telah menandatangani preamble contract (kontrak pembuka) untuk pembelian kapal perang Iver Huitfeldt, kelas Frigate buatan Denmark.

Kontrak tersebut ditekan pada 30 April lalu di hadapan perwakilan dari Kementerian Pertahanan, pembuat kapal BUMN PT PAL, dan PT Sinar Kokoh Persada, agen Indonesia untuk perusahaan Denmark Odense Maritime Technology (OMT).

Di antara artikel yang tercakup dalam kontrak pembukaan itu termasuk pengaturan workshare (pembagian kerja) yang akan dilakukan setelah kontrak aktual untuk kapal pertama terwujud, kata sumber industri pertahanan yang mengetahui masalah tersebut sambil memberikan bukti dokumenter tentang peristiwa tersebut.

Indonesia sebelumnya dikabarkan berminat pada varian frigat kelas Iver Huitfeldt, dimana tiga kapal kelas tersebut dalam kedinasan Angkatan Laut Denmark, untuk kebutuhan dua kapal bagi TNI AL.

Kapal frigat kelas Iver Huitfeldt disebut-sebut oleh pejabat Kementerian Pertahanan Indonesia sebagai salah satu kapal perang yang memiliki “kemampuan tempur yang andal, dan dapat beroperasi di zona ekonomi eksklusif Indonesia yang ekstrim.”

Kelas Iver Huitfeldt mempunyai displacemet 6.600 ton pada muatan penuh, dan ditenagai oleh empat mesin diesel MTU 20V 8000 M70 dalam konfigurasi combined diesel and diesel (CODAD), yang memberikan kapal itu kecepatan tertinggi hingga sekitar 28 kt.

Baca Juga:  China Tak Akan Ekspor Pesawat J-20 Mighty Dragon

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan