Infanteri Rusia Bakal Dapat Seragam Tempur Ratnik III

Perancang Rusia hendak meluncurkan perangkat tempur Ratnik (Prajurit) generasi ketiga dalam waktu tujuh tahun, seperti dikutip TASS dalam layanan pers Pusat Riset Institut Perancangan Mesin Presisi (TsNIITochMash, anak perusahaan Rostec).

Menurut sang perancang, senjata ini termasuk sebuah eksoskeleton aktif yang akan secara signifikan meningkatkan kemampuan fisik tentara.

“Sebuah eksoskeleton aktif adalah sebuah mekanisme yang memiliki engsel dengn dorongan elektrik dan hidrolik untuk meningkatkan kemampuan sistem muskuloskeletal,” tulis laporan tersebut.

Sementara sebuah eksoskeleton pasif, yang juga akan menjadi salah satu komponen perangkat baru ini, tak akan memiliki kabel dan tak terhubung dengan badan tentara. Perangkat ini akan mengurangi beban serta potensi cedera.


Menurut CEO TsNIITochMash Dmitry Semizorov, perangkat Ratnik generasi ketiga akan siap dalam waktu lima hingga tujuh tahun.


Menurut Semizorov, semua komponen sistem ini (proteksi, pendukung kehidupan, pasokan energi, dan lain-lain) akan memiliki level teknologi baru yang jauh lebih canggih.

gambar: tass.ru

Selain struktur eksoskeletal, para perancang juga akan menciptakan sistem untuk menampilkan informasi dan target pada penutup kepala atau kacamata.

Perlengkapan tempur Ratnik dapat melindungi tentara dari ledakan dan pecahan peluru, senjata api, sistem proteksi, serta komunikasi, navigasi, dan sistem desain target yang berjumlah 50 elemen.

Ratnik telah dipasok secara bertahap untuk pasukan Rusia sejak Mei 2015 lalu. Seragam ini terutama didesain untuk penembak, pengemudi kendaraan lapis baja, serta pengendali senjata pesawat tempur.

Baca Juga:  INS Mormugau Kapal Destroyer Terbesar India Siap Berlayar

Penyempurnaan perangkat militer Rusia generasi ketiga dengan eksoskeleton ini akan mengurangi seperempat berat seragam tersebut yang awalnya berbobot 28 kilogram. (TSM/tass)

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan