Inggris dan Perancis Kembangkan Rudal Generasi Terbaru MBDA

Inggris dan Perancis menandatangani kesepakatan untuk bekerja sama program Rudal anti Kapal atau FC/ASW (Future Cruise/Anti-Ship Weapon) bersama MBDA.

Dilansir laman berita Navy Recognition, Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Laurent Collet-Billon, kepala Badan Pengadaan Pertahanan Perancis (DGA), dan Harriet Baldwin, Menteri Pengadaan Pertahanan Inggris.

Proyek tersebut akan berjalan hingga tiga tahun kedepan, tujuan dari fase konsep adalah untuk meletakkan pekerjaan dasar dan memberi informasi kepada pengambilan keputusan Inggris dan Perancis serta kebutuhan tindakan potensial pada penilaian dan fase demonstrasi dari rudal jelajah danrudal  anti-kapal “next-gen”, dengan kemampuan operasional direncanakan akan tercapai pada akhir dekade berikutnya.


Program senilai € 100 juta untuk mengerjakan konsep FC/ASW akan dibagi rata sebesar 50/50 baik dari segi kuantitas dan kualitas konten antara Inggris dan Perancis. Upaya ini akan terlihat pada kematangan sistem dan teknologi MBDA yang akan meningkatkan survivability, jangkauan dan letalitas dari rudak anti-kapal dan rudal jelajah yang diluncurkan melalui platform tempur udara dan laut. DGA akan bertindak sebagai otoritas kontrak pada tahap konsep bersama MBDA.

Program yang didanai bersama oleh Perancis dan Inggris, FC/ASW adalah produk memiliki hubungan sangat erat dengan pertahanan Anglo-Perancis yang ditetapkan oleh perjanjian Lancaster House. Fase Konsep FC/ASW adalah langkah terbaru dalam kolaborasi yang sangat sukses antara kedua negara pada ada teknologi rudal melalui MBDA. Kerja bersama ini memungkinkan kedua negara untuk mengembangkan berbagai sistem rudal kelas dunia, seperti Storm Shadow/SCALP, Meteor, Aster dan Sea Venom/ANL.

Baca Juga:  Pesawat F-35 dan F-16 Bertempur 8 Jam Non-Stop dalam Latihan Defensive Counter Air
Defence Minister Harriett Baldwin and her French counterpart Laurent Collet-Billon today signed an agreement to explore future missile technologies with MBDA. MBDA Picture

Untuk merasionalisasi pengembangan dan produksi rudal melalui organisasi “OneMBDA” serta untuk menyelaraskan upaya penelitian dan teknologi dari kedua negara di seluruh sektor industri rudal mereka melalui program MCM-ITP (Missile Components and Materials – Innovation and Technology Partnership).

Dave Armstrong, Managing Director MBDA Inggris dan Direktur Grup Penjualan dan Pengembangan Bisnis, menambahkan bahwa “FC/ASW merupakan kemampuan serangan masa depan yang mendalam di Eropa. Program ini adalah kepentingan strategis bagi MBDA, yang akan memimpin tim mengumpulkan jawara industri dari kedua negara, dan akan memastikan bahwa Inggris dan Perancis tetap menjadi ujung tombak teknologi rudal di masa depan”.


Berikut videonya dari rudal Next Generasi dari MBDA ini

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan