Inggris Siapkan Kapal Frigat Baru Untuk Mengawal Kapal Induk

Pengumuman soal program kapal frigat Type 32 pertamakali dari pidato Perdana Menteri Boris Johnson pada 19 November 2020 kemarin sebagai dari janji peningkatan investasi sebesar £16,5 Miliar (Rp310,9 Triliun) untuk Royal Navy.

Dalam pengumuman tersebut, Boris Johnson berjanji akan menjadikan Royal Navy sebagai Angkatan Laut terkuat di Eropa, untuk mencapai tahap tersebut Royal Navy akan membangun 8 unit frigat Type 28 dan 5 unit frigat Type 31.

Total, Type 32 kedepannya akan melengkapi Type 28 dan Type 31 untuk sebagai kapal pengawal dua kapal induk Royal Navy dari 19 unit kapal menjadi 24 unit pengawal.

Tidak ada informasi lebih menyeluruh soal program frigat Type 32, namun wartawan dan analis pertahanan berspekulasi bahwa kapal tersebut adalah versi ekspor dari fregat Type 31.

Menurut surat kabar Inggris The Telegraph menyebutkan bahwa Type 32 akan menjadi kapal multi peran dan menjadi kapal pengawal dari kapal induk Royal Navy, dan MoD Inggris menyebutnya sebagai kapal “Next Generation.

Boris Johnson juga mengatakan dengan mengucurkan miliaran pound tersebut akan membantu bangkitkan industri perkapalan Inggris di Glasgow, Rostyh, Belfast, Appledore dan Birkenhead.

Sumber:
https://ukdefencejournal.org.uk/royal-navy-to-get-more-frigates/

https://www.navalnews.com/naval-news/2020/11/uk-to-restore-royal-navy-to-europes-most-powerful-maritime-force/

Baca Juga:  Pesawat Tempur FA-50 dan Super Tucano Filipina Dipersenjatai Bom Lizard Buatan Israel

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan