Ingin Bangun Kapal Selam Nuklir, Inggris Ingin Nasionalisasi Pabrik Baja Swasta Sheffield Forgemaster

Inggris berencana untuk mengambil alih salah satu pembuat baja tertua untuk mengamankan rantai pasokan armada kapal selam nuklir dalam negeri.

Dilansir oleh kantor berita Sky News pada Sabtu 06/12/2020. Kementrian Pertahanan (Kemhan) Inggris berencana untuk mengambil alih pabrik baja swasta Sheffield Forgemasters.

Langkah ini diambil untuk mendukung rencana pembangunan Kapal Selam Nuklir negeri Ratu Elizabeth itu. Namun rumor ini belum dikonfirmasi oleh Kementerian Pertahanan Inggris.

Sheffield Forgemasters adalah pabrik baja tertua di Inggris yang berdiri sejak tahun 1750 berawal dari bengkel pandai besi kecil.

“Hubungan jangka panjang kami dengan kontraktor utama Pertahanan Inggris dan Kementerian Pertahanan didasarkan pada pekerjaan penting yang kami lakukan dalam program Kapal Selam dan kami tidak akan mengomentari masalah-masalah terkait pekerjaan pertahanan kami,” kata Kepala Eksekutif Sheffield Forgemasters David Bond melalui email ketika Reuters meminta konfirmasi atas isu ini.

Empat kapal selam kelas Vanguard Inggris membentuk kekuatan penangkal nuklir strategis negara, kata Angkatan Laut Kerajaan di situs webnya. Masing-masing kapal selam dipersenjatai dengan rudal nuklir Trident 2 D5.

Baca Juga:  Rusia Akan Buat Prototipe Surface Effect Craft Bersenjata Rudal pada Tahun 2027

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan