Ini Alasan Tank K2 Black Panther Korsel Adalah Tank MBT Termahal Di Dunia

Hingga saat ini, Tank MBT K2 Black Panther asal Korea Selatan buatan Hyundai tercatat dalam Guinness World Records sebagai main battle tank (MBT) termahal di dunia dengan biaya mencapai $8,5 Juta (Rp122,8 Miliar) per unitnya, meski termahal nyatanya tidak hanya Korea Selatan yang mengoprasikan Black Panther, pelanggan ekspor lainnya seperti Turki yang dikenal dengan Altay. Negara lain yang ikut dalam tender pengadaan MBT ini adalah negara kaya di eropa, Norwegia.

K2 Black Panther punya spesifikasi yanh bagus yang membuatnya sangat mampu dan cukup mematikan di medan perang walaupun harganya adalah yang termahal di kelas MBT.

Salah satu kelebihan K2 adalah mampu beroprasi di medan lintas alam, baik perkotaan atau hutan dan perbukitan hingga pegunungan. Ini karena K2 di lengkapi oleh suspensi hydropneumatic, sehingga tank bisa memberikan ground clearance yang lebih besar untuk medan tidak rata, suspensi ini juga memberikan kenyamanan lebih baik pada awak tank.

Suspensi Hydropneumatic adalah barang mewah yang sangat jarak di pasang pada tank MBT di dunia saat ini, dengan suspensi tersebut maka tank bisa memposisikan hull down lebih baik, sehingga memberikan posisi tembak lebih leluasa.

Kelebihan lainya Tank K2 memiliki bobot 55 ton jauh dibawah rata-rata Tank MBT lain di dunia yang biasanya berbobot 60Ton ke atas.

Baca Juga:  Suku Cadang Mahal, Malaysia Pensiunkan Helikopter Sikorsky SH-3

Dengan bobot ini tank ini bisa lebih gesit ketimbang MBT lainya, ini karena tank tersebut di tenagai oleh mesin disel 1.500hp dengan rasio horse power terhadap bobotnya tergolong tinggi mencapai 27,2hp/ton.

Jauh lebih unggul dibandingkan lainya, misal dengan T-90A sebesar 21,5hp/ton, Leopard 2A7 22hp/ton, atau M1 Abrams yang sebesar 23,8hp/ton.

Dengan keunggulan rasio K2 Black Panther tersebut, membuat tank tersebut sangat mudah melewati medan basah seperti sungai, berawa, hingga lumpur dibandingkan tank MBT lainya. Kemudian, K2 juga di lengkapi oleh amunisi pintar seperti KSTAM-II, dimana amunisi ini bisa mentargetkan dengan akurat, KSTAM-II bisa diluncurkan dari meriam utama tank dan maksimum jaraknya sampai 8 km.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan