Ini Deretan Rudal Baru Buatan Afrika Selatan

Denel Dynamics Afrika Selatan telah merilis rincian mengenai rudal counter-rocket, artillery, and mortar (C-RAM), Mongoose 3, yang menjalani tes penerbangan pertamanya pada bulan Maret dan akan ditampilkan di pameran Africa Aerospace and Defence (AAD) di Afrika Selatan pada bulan September .

Rudal transonik Mongoose 3 tengah dikembangkan untuk melindungi pangkalan dengan menghancurkan munisi roket, peluru artileri dan peluru mortir yang datang pada jarak dari 300 m hingga 2.000 m, melengkapi rudal supersonik Cheetah berjangkauan 10.000 m yang juga sedang dikembangkan oleh perusahaan tersebut.

Dua rudal tersebut (Mongoose 3 dan Cheetah) memiliki diameter basic airframe 105 mm, pencari (seeker) radar aktif, hulu ledak, fuze, dan servos, serta komponen dan algoritma lain yang sama. Mereka dirancang untuk berintegrasi dengan berbagai macam sensor dan sistem fire-control, termasuk dengan Rheinmetall Skyshield, yang akan dibeli oleh AD Afrika Selatan.

Mongoose 3 dengan berat 13kg dan panjang 1,2m adalah rudal dengan peluncuran vertikal yang sangat lincah yang menggunakan motor side-thrust untuk memutar arah setelah peluncuran. Kemudian menggunakan sirip dorsal dan ekor yang disinkronkan untuk mengarahkannya ke arah sasarannya, dipandu oleh pencari radar aktifnya.

Selain peran utamanya sebagai C-RAM, Mongoose 3 juga akan dapat mengghancurkan wahana udara tanpa awak (UAV), termasuk yang berjenis kecil yang menjadi sasaran yang sulit bagi sistem lain dan helikopter musuh yang datang dalam jangkauan rudal tersebut. Rudal ini juga dimaksudkan sebagai senjata perlindungan diri untuk dibawa oleh helikopter.

Baca Juga:  6 Helikopter Militer Termahal di Dunia

Sumber : janes.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan