Ini Dia Simulator Panser M113 A1 Indocertes, Buatan Dalam Negeri

Mengoperasikan kendaraan lapis baja panser pengangkut pasukan bukanlah hal mudah. Selain harus mengendalikan kendaraan juga harus menjamin keamaan pasukan yang dibawa untuk diantar ke garis misi pertempuran.

Panser M113-A1 adalah tulang punggung pasukan Infanteri TNI AD dalam tranportasi pasukan. TNI AD memiliki 150 unit.

Sopir yang terlatih dan terbiasa mengoperasikan panser ini menjadi kunci utama penentu operasi pasukan.


Dalam Indo Defence 2018, Indocertes memperkenalkan simulator M113 A1 produksi dalam negeri.

Simulator berupa bagian muka (kemudi) ini terdiri dari bagian driver cockpit, simulator engine, dan motion based. Karena disasar untuk mengenalkan pengemudi pada instrumen di M113, maka cockpit platform pun dihadirkan dengan tools yang serupa dengan aslinya. Terdiri dari main switch, starter, horn, transmission, controller level, lower gas pedal, upper gas pedal, chocke (engine stop) dan pastinya kursi pengemudi yang dapat disesuaikan ketinggiannya.

Interaksi siswa pengemudi saat mencoba simulator menggunakan konsol Virtual Reality (VR). Semua silabus yang ditampilkan dalam pelatihan mengadopsi computer simulated environment untuk mewujudkan actual environment dalam moda imitasi. Beberapa pilihan medan pada pelatihan VR mencakup tropical country environment dengan kondisi tropical forest, solid ground, military basecamp, dan steep hillside.


Selagi siswa melaksanakan navigasi, segala aspek kinerja siswa pengemudi dapat dipantau langsung oleh pelatih dalam instructor console management system.

Baca Juga:  Ini Syarat Kerjasama Alutsista Dengan Negara Lain

Sistem komputer yang digunakan pada simulator ini mengadopsi OS Windows 8 atau 10. Dari spesifikasi, simulator M113 A1 punya panjang 2 meter, tinggi 2,5 meter, lebar 1,6 meter, dan bobot keseluruhan 1000 kg. Simulator ini masih berstatus prototipe, dan untuk fase komersial, tahapan yang harus dilalui adalah mendapatkan sertifikasi dari Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat (Dislitbangad).

Sumber: indomiliter.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan