Ini Spesifikasi Pesawat Tejas India Yang Ditawarkan Untuk Malaysia

Beberapa waktu lalu, Royal Malaysian Air Force (RMAF) AU-nya Malaysia, mengajukan Request for Proposal (RfP) kepada HAL India sebagai bagian program pergantian armada BAE Hawk 108 dan 208, hingga pesawat latih Aermacchi MB-339CM yang sudah tua.

Dimana RMAF dalam tender terbarunya menginginkan sebanyak 36 unit pesawat tempur ringan, dan kesempatan ini di manfaatkan dengan baik oleh HAL India yang menyambut RfP dari Malaysia.

Dimana HAL akan mengajukan Tejas dengan konfigurasi pemakaian UTTAM AESA Fire Control Radar (FCR), menggantikan FCR yang sudah menjadi basis utama di pesawat Tejas yaitu EL/M 2032 dari Israel.

Kebijakan ini karena atas keinginan RMAF Malaysia karena negara tersebut tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Israel, sehingga memilih memakai FCR UTTAM buatan lokal India.

Sebenarnya, India saat ini juga sedang berusaha memakai FCR UTTAM AESA untuk di pakai di seluruh unit Tejas, dan menggantikan perlahan FCR asal ELTA Israel.

Tejas Mk II sendiri memiliki biaya sebesar $41 Juta per unitnya (Rp593,7 Miliar), dan di akhir 2021 mendatang pihak RMAF akan mengakses jalur produksi Tejas di Bengaluru, India. Diluar dari HAL Tejas, ada JF-17 Thunder Pakistan dan KAI T-50 Korea Selatan yang bersaing memenangkan tender 36 unit pesawat tempur ringan.

Baca Juga:  Ukraina Tawarkan Perawatan Murah Untuk Kapal Induk India

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan