Irak Gelar Parade Militer Rayakan Kemenangan Atas ISIS, Amerika Numpang Tenar di Twitter

Militer Irak dilaporkan menggelar parade militer sebagai bentuk perayaan kemenangan atas ISIS. Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi kemarin menyatakan bahwa ISIS telah dikalahkan di Irak.

“Sebuah parade militer untuk merayakan kemenangan akhir atas ISIS sedang berlangsung di Zona Hijau yang dibentengi Baghdad,” kata seorang sumber di militer Irak, seperti dilansir Reuters pada Minggu (10/12).

Kemarin, Abadi mengatakan pasukan Irak telah mengusir sisa-sisa kelompok ISIS dari negara tersebut. Irak membutuhkan waktu tiga tahun untuk melakukanya setelah kelompok militan tersebut menguasai sekitar sepertiga wilayah negara itu.

Pengumuman tersebut diumumkan dua hari setelah militer Rusia mengumumkan kekalahan militan di negara tetangga Suriah, tempat Moskow mendukung pasukan pemerintah Suriah.


“Pasukan heroik kita kini telah mengamankan seluruh wilayah perbatasan Irak-Suriah. Kami mengalahkan Daesh melalui persatuan dan pengorbanan kami untuk bangsa ini. Jayalah Irak dan rakyatnya,” kata Abadi.


Koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) yang telah mendukung pasukan Irak melawan ISIS menyambut baik berita tersebut dalam sebuah tweet. Bisa jadi ini adalah bentuk cari muka AS, karena semua tahu selama ini yang getol memerangi ISIS adalah Rusia.

“Koalisi mengucapkan selamat kepada rakyat Irak atas kemenangan signifikan mereka melawan #Daesh. Kami berdiri di samping mereka saat mereka menetapkan syarat untuk mendapatkan jati diri yang aman dan sejahtera,” bunyi tweet dari militer AS.

Baca Juga:  PM Israel Sambangi Moskow, Rusia Batalkan Penjualan S-300 ke Suriah

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan