Irak Terima Kiriman 6 Pesawat KAI T-50IQ

Korea Aerospace Industries (KAI) mengirimkan 6 pesawat tempur serang ringan T-50IQ untuk Angkatan Udara Irak. T-50IQ adalah dikembangkan berbasis varian pesawat latih tempur T-50 Golden Eagle.
Menurut keterangan yang dilansir media resmi AU Irak, pengiriman ini adalah bagian dari pesanan 24 unit pesawat T-50IQ yang diteken tahun 2013 senilai $1,1 milliar dollar Amerika Serikat.

KAI sendiri telah mengumumkan bahwa mereka akan mendukung pesawat tersebut selama 20 tahun, yang juga dimasukkan kedalam kontrak, sehingga menaikkan total nilai kesepakatan tersebut menjadi $ 2 miliar.

Irak yang memesan 24 jet dan berdasarkan nomor seri yang ditunjukkan dalam foto, setidaknya enam jet diyakini telah diserahkan, kata laporan tersebut.


Versi pesanan Irak adalah FA-50, yang diberi label T-50IQ, dapat dipersenjatai rudal udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan, senapan mesin dan bom presisi berpemandu dan amunisi lainnya, kata KAI pada tahun 2013 .


Panglima Angkatan Udara Irak, Letnan Jenderal Anwar Hamad Amin telah mengumumkan tahun lalu bahwa AU Irak menerima batch pertama jet T-50 Korean Aerospace Industries (KAI) pada tanggal 16 Maret 2017.
Dia mengatakan bahwa pesawat-pesawat tempur tersebut dikirim dengan senjata dan peralatan dan akan memasuki kedinasan dalam waktu dekat.

Baca Juga:  Kapal Induk Amerika Serikat Melintasi Selat Sunda

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan