Iran Bantah Punya Pangkalan Militer di Suriah

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif menegaskan, pihaknya tidak memiliki pangkalan militer dan juga tidak mengirimkan tentara ke Suriah. Pernyataan ini membantah klaim yang dibuat Israel, bahwa serangan yang mereka lakukan di Suriah adalah untuk menghancurkan basis militer Iran di negara itu.

“Tidak, kami tidak memiliki (pangkalan militer) di sana (Suriah),” kata Zarif kepada wartawan di sela-sela Konferensi Keamanan Munich di Jerman, seperti dilansir Sputnik pada Senin (19/2).

Zarif kemudian menyinggung serangan yang dilancarkan oleh Israel di Suriah pada pekan lalu. Dia menyatakan, apa yang dilakukan Israel adalah pelanggaran serius terhadap kedaulatan Suriah.


“Apa yang terjadi di Suriah pada hari Sabtu pekan lalu? Israel telah melanggar wilayah udara Suriah beberapa kali. Perlu dicatat bahwa Israel mengebom Suriah secara permanen dan pasukan Suriah berhasil menjatuhkan pesawat Israel untuk pertama kalinya,” ucapnya.


Sebelumnya, Zarif menertawakan pidato Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Konferesn Keamanan Muncul. Pasalnya, Netanyahu membawa serta puing pesawat tanpa awak untuk menjelaskan maksud pidatonya.

Berbicara beberapa jam setelah Netanyahu, Zarif menyebut apa yang dilakukan oleh Netanyahu adalah sebuah kartun sirkus. “Israel menyalahkan orang lain atas kesalahan strategisnya sendiri, atau mungkin untuk menghindari krisis domestik yang mereka hadapi,” terang Zarif (sindonews)

Baca Juga:  Dua Pesawat Sukhoi Su-35 Hancur Lebur Di Suriah

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan