Iran Kembali Provokasi Kapal Perang Amerika

Kapal boat milik angkatan laut Iran kembali dianggap melecehkan armada perang Amerika Serikat di Teluk Persia. Kali ini, insiden melibatkan tujuh kapal boat serang Iran dan USS Firebolt.
Kepada CNN, Selasa (6/9), pejabat kementerian pertahanan AS mengatakan tujuh boat-serang Iran mendekat ke USS Firebolt dalam kecepatan tinggi yang berbahaya pada Minggu lalu.

Kapal Iran kemudian berhenti di depan USS Firebolt dengan jarak kurang dari 100 meter. USS Firebolt, kapal patroli laut AL AS yang berawak hanya 30 orang, terpaksa mengubah arah.

Menurut Pentagon, tindakan boat-serang Iran itu tidak berbahaya dan tidak profesional karena bisa menyebabkan tabrakan.

Belum ada konfirmasi atau pernyataan apa pun dari Iran.


Ini bukan kali pertama Iran melakukan tindakan yang dianggap melecehkan armada patroli AS di Teluk Persia. 

Sebelumnya Agustus lalu empat kapal perang Iran juga mendekat dengan cara yang berbahaya ke kapal USS Nitze di Selat Hormuz. Tembakan peringatan tidak mampu menghentikan laju kapal Iran.

“Tingkat kedekatan kapal Iran menciptakan situasi berbahaya dan melecehkan yang bisa berujung eskalasi lebih lanjut, termasuk langkah pertahanan dari Nitze,” kata sumber Reuters saat itu.

Tercatat ada sekitar 31 pertemuan berbahaya kapal Iran dan Amerika di Teluk Persia tahun ini. Tahun lalu jumlahnya 23 kasus.


Pada Desember lalu, dalam sebuah latihan perang militer, Iran menembakkan roket dekat kapal induk Amerika USS Harry Truman.

Baca Juga:  Arab Saudi Ingin Borong Senjata Iron Dome Buatan Israel

1 Komentar

Tinggalkan Balasan