Iran Klaim Drone Amerika Ditembak Rudal Khordad 3 Buatan Dalam Negeri

Pesawat terbang tanpa awak atau Drone MQ-4C BAMS-D milik Angkatan Laut AS diklaim ditembak sistem pertahanan udara Khordad 3 milik Iran.

Korps Garda Republik Islam Iran atau IRGC mengklaim drone tersebut ditembak jatuh menggunakan sistem rudal darat ke udara Khordad 3 pada pukul 04.05 setelah memasuki wilayah udara Iran.

Titik pencegatan menurut Iran adalah pada koordinat 25°59’43″N 57°02’25″E, dan Iran berhasil memperoleh potongan-potongan drone yang jatuh di laut tersebut.

Khordad 3 sendiri adalah buatan dalam negeri Iran dengan sistem TEL (Transporter, Erector, Launcher) yang menjadi bagian dari sistem pertahanan udara Raad yang dikembangkan sejak pertengahan 2010 dan mulai ditampilkan pada 2012.


Khordad 3 dilengkapi dengan rudal Taer-2B dengan jarak jangkauan 105 kilometer, namun dengan kemampuan capai ketinggian vertikal yang belum diketahui.


Khordad 3 diklaim dapat menjejak 4 sasaran dan meluncurkan 2 rudal secara simultan, dibantu radar phassed array. Jika dicari analoginya, Khordad-3 bisa jadi dikembangkan dari basis rudal Buk milik Rusia.

Baca Juga:  Ketahuan, Inggris Gunakan Perang Teluk Buat Jual Senjata

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan