Iran Pamerkan Panser MRAP Toufan Buatan Sendiri

Negeri Islam Syiah, Iran, kembali memamerkan kekuatan militernya dan kemampuan bangsanya dalam membuat alat tempur utama secara mandiri.

Dirilis oleh website Janes, pasa tanggal 20 November. Iran merilis Kendaraan tempur lapis baja anti ranjua yang diberi nama Toufan atau Typhoon dalam bahasa Inggris.

Dalam perilisan, hadir Menteri Pertahanan Iran Brigjen Amir Hatami di kawasan industri Shahid Kolahdooz.

Pengembangan si Toufan ini yang punya kemampuan anfai ranjau / MRAP (Mine Resistant Ambush Protected Vehicle) pertama Negeri Persia telah dimulai sejak 2016. Mockup desainya pertama kali ditampilkan ke hadapan publik dalam gelaran IPAS pada Oktober 2016.

Beberapa pemerhati senjata menuding Iran menirui ranpur MRAP Typhoon buatan Streit Group, Kanada/Uni Emirat Arab.

Lihat saja desain lambung Toufan yang berbentuk huruf V sangat mirip dengan MRAP Typhoon buatan Kanada dan UEA.


.Toufan memiliki proteksi STANAG 4569 level 2 dan dengan kit proteksi tambahan meningkat menjadi level 3. Dengan kata lain, Toufan dapat meladeni tumbukan peluru senapan mesin kaliber 12,7 atau 14,5 mm serta ledakan ranjau atau IED setara 6-8 kg TNT.

Sebagai ranpur modern,Toufan juga mengadopsi desain bersifat modular sehingga dapat dikembangkan menjadi beberapa varian. Selain versi angkut pasukan (APC), Toufan dapat dikembangkan menjadi kendaraan komando & kontrol, patroli perbatasan, kendaraan kawal, dan intai serta dapat dijadikan ambulans (medevac).

Baca Juga:  AD UEA Uji Kendaraan Patria AMV 8x8 dengan Turret BMP-3 dalam Pertempuran di Yaman

Batch pertama Toufan yang diluncurkan merupakan versi APC. Kendaraan ini dapat mengusung 10 awak termasuk pengemudi dan komandan. Persenjataan utama yang dapat dibawa berupa senapan mesin kaliber 7,62 mm, 12,7 mm atau 14, 5 mm. Saat peluncuran telihat sebuah Toufan mengusung senapan mesin W85 kaliber 12,7 mm buatan China yang ditiru oleh industri senjata Iran.

Sebagai tenaga penggerak, Toufan mengadopsi mesin diesel buatan KamAZ, Rusia yang memiliki daya 360 hp. Toufan juga banyak menggunakan komponon otomotif lain yang berasal dari kendaraan sipil. Komponen tersebut bebas diperjualbelikan atau tak termasuk barang/komponen yang terkena embargo.


Toufan dilengkapi penggerak gardan ganda (4X4) sehingga bisa beroperasi di segala medan. Kendaraan ini dapat dengan mudah melintasi parit dengan kedalaman 1,3 m dan menaiki rintangan setinggi 50 cm. Ia juga mampu berjalan pada tanjakan hingga sudut 60 derajat dan kemiringan jalan 32 derajat. Toufan bisa dipacu maksimum 100 km/jam di jalanan datar.

Tak dijelaskan berapa jumlah produksi batch pertama MRAP Toufan yang dibuat Iran. Dari rangkaian foto yang diambil pada acara seremoni, terlihat lima unit Toufan sudah selesai dan delapan lainnya terlihat pada jalur perakitan.

Menurut kantor berita FARS, Teheran mengungkapkan bahwa batch pertama Toufan akan diserahkan kepada Korps Garda Revolusi dan Kepolisian Iran.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan