Iran Pindahkan Rudal Strategis Ke Irak

Irak saat ini bagaikan negara jajahan Iran, itulah fakta tersembunyi yang bikin demonstrasi merebak seantero negeri. Rakyat Irak ingin pemerintahan yang independen dari Iran.

Kabar terbaru, Iran malah memindahkan sejumlah rudal strategis ke Irak memanfaatkam situasi demonstrasi, saat perhatian rakya Irak tertuju pada unjuk rasa.

Keberadaan senjata misil memberikan keuntungan bagi militer maupun jaringan milisi yang pro Iran.

Sumber militer membeberkan, Iran disebut melancarkan serangan sembunyi-sembunyi menggunakan kelompok yang bersekutu dengan mereka kepada massa demonstran yang anti Iran dan pemerintah.

Sampai saat ini korban tewas dmeonstrasi di Irak sudah mencapai angka 2000jiwa.

Kabar penyelundupan rudal dan senjata strategis ini diembuskan oleh sumber dari pejabat militer maupun intelijen Amerika Serikat (AS), dikutip The New York Times Kamis (5/12/2019).

Dalam keterangan sumber, Iran membangun gudang senjata rahasia berisi rudal jarak pendek untuk menegaskan kehadiran merek di Irak dan ancaman bagi setiap negara yang ingin turut campur situasi di Irak seperti di Suriah atau Libya.

Kabar itu muncul di tengah upaya AS membangun militernya untuk merespons serangan atas kapal tanker dan fasilitas minyak di mana Teheran dituduh jadi dalangnya.

Rudal itu memberikan ancaman baik bagi Washington maupun sekutunya seperti Israel dan Arab Saudi, serta membahayakan pasukan mereka.

Elissa Slotkin, anggota Komite Senjata DPR AS berujar, Iran memanfaatkan demonstrasi di Irak untuk menempatkan persenjataan mereka.

Baca Juga:  Kapal Induk Jepang Izumo Akan Siaga ke Laut China Selatan

Menurut politisi Partai Demokrat itu, sebagian besar rakyat Irak tidak ingin diperintah oleh pejabat yang berafiliasi dengan Teheran.

“Tapi sayangnya, kekacauan dan kebingungan yang terjadi di pemerintahan Irak bisa dimanfaatkan betul,” terang Slotkin.

1 Komentar

  1. Ini berita kan verai amerika..yg tujuanya mengacaukan irak dan iran serta memojokan iran d dunia internasional.siapa yg ga tau amerika….srigala gurun yg akan menghalalkan swgala cara memecah belah dan menguasai SDA negara lain

Tinggalkan Balasan