Iran Sesumbar Mampu Membuat Kapal Induk Sendiri

Iran berencana untuk membangun sebuah kapal induk sendiri tanpa bantuan asing. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan perang militer Iran. Rencana itu diungkap Wakil Komandan Angkatan Laut Bidang Koordinasi, Laksamana Peiman Jafari Tehrani.

”Saat ini, Kementerian Pertahanan dan Angkatan Laut sudah membangun peralatan militer untuk perang angkatan laut, namun Departemen Pertahanan akan memproduksi berbagai jenis rudal dan kebutuhan Angkatan Laut lain untuk memenuhi penggunaan rudal itu,” kata Tehrani.

”Membangun sebuah kapal induk juga di antara tujuan yang dikejar oleh Angkatan Laut dan kami berharap untuk mencapai tujuan ini,” ujarnya, seperti dikutip Russia Today, semalam (27/12/2016).


Ini bukan pertama kalinya Teheran mengumumkan rencananya untuk membangun sebuah kapal induk. Pada tahun 2011, Wakil Komandan Angkatan Laut Iran, Kapten Mansour Maqsoudlou, kepada kantor berita IRNA, mengatakan bahwa desain awal untuk membangun kapal induk sudah disetujui.


Ide ini kemudian dipertegas lagi pada tahun 2014 ketika seorang pejabat Angkatan Laut Iran, Laksamana Habibollah Sayyari, mengklaim bahwa negaranya mampu membangun kapal induk, serta kapal selam berat.

”Seperti yang telah kita kerjakan, berhasil memproduksi kapal perang dan kapal selam, kami juga memiliki kemampuan untuk membangun kapal induk dan kapal selam berat,” kata Sayyari pada saat itu.

Awal Desember lalu, Presiden Iran Hassan Rouhani memerintahkan badan nuklir nasional untuk mulai mengembangkan kemampuan propulsi nuklir untuk transportasi laut.

Baca Juga:  Presiden Filipina Minta Bantuan TNI Untuk Menggempur ISIS di Marawi

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan