Iran Ungkap Bukti Amerika Mengirim Kimia ke Pemberontak Suriah

Militer Iran balik menyerang pihak Amerika Serikat dan menuding negara tersebut sebagai dalang serangan kimia.

Militer Iran merilis data tentang kapal kargo Amerika Serikat (AS) dengan membawa bahan kimia telah memasuki Teluk Persia. Teheran menuduh Washington menyebarkan bahan kimia ke Irak dan Suriah untuk tujuan berbahaya.

Misi misterius kapal itu membuat Teheran curiga bahwa Washington membuat rencana berbahaya di Irak dan Suriah.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Iran Brigadir Jenderal Bolfazl Shekarchi melaporkan pada hari Minggu bahwa kapal kargo AS itu memasuki Teluk Persia dengan dikawal kapal perang.

“Memeriksa catatan kapal kargo AS MV Cape Ray, mengungkapkan bahwa kapal itu telah hadir di pantai dekat Irak dan Suriah, di mana Amerika telah melancarkan agresi militer dengan dalih penggunaan senjata kimia oleh negara-negara itu,” kata Shekarchi yang dikutip dari Mehr News, Senin (2/7/2018).


Menurut pejabat militer itu, kapal kargo memasuki Teluk Persia dengan tujuan menyebarkan kargo kimianya di Irak dan Suriah. Menurutnya, Washington menggunakan metode berbahaya untuk membenarkan keberadaan tidak sah mereka di wilayah tersebut.


“Kami memiliki rincian yang lebih akurat tentang kapal AS, seperti jumlah anggota awak dan muatan bahan kimia yang mereka miliki, (yang) akan diungkapkan kepada publik di waktu yang akan datang,” janji Shekarchi.

Pentagon belum berkomentar resmi tentang tuduhan militer Iran.

Baca Juga:  Pangdam Cenderawasih: Gak Usah Pedulikan HAM dalam pembasmian KKB di Papua

Tidak jelas apa maksud pejabat militer Iran atas pernyataannya tentang agresi militer AS dengan dalih penggunaan senjata kimia. Namun, komentar itu diduga terkait invasi AS ke Irak tahun 2003 dan dugaan serangan kimia baru-baru ini di Douma, Suriah, yang oleh Damaskus, Moskow dan Teheran dianggap sebagai “operasi bendera palsu” untuk membenarkan serangan udara Barat terhadap Suriah pada bulan April lalu.

Sumber: sindonews.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan