Israel Kembali Panik, Head Rudal Iron Dome Jatuh Utuh di Gaza

Sebuah Seeker head/fuse section milik rudal interceptor Tamir yang digunakan oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome jatuh dengan utuh di Gaza.

Foto-fotonya pun viral di di media sosial sejak 14/11/2019 yang menunjukkan bagian utuh dari rudal interceptor Tamir tersebut di kawasan Gaza. Hingga saat ini belum diketahui dimana persisnya bagian tersebut ditemukan, siapa yang menemukan maupun keberadaan bagian tersebut.

Yang pasti, benda ini akan berharga mahal dan penting jika dijual ke tangan musuh-musuh Israel seperti Iran atau Rusia.

Bagian yang ditemukan tersebut adalah seeker head serta fuse section di bagian depan sirip Tamir. Tamir menggunakan active radar seeker serta command data-link system untuk menghadang roket yang diluncurkan lawan.

Setelah Tamir sudah berada cukup dekat dengan roket lawan, Tamir diledakkan dengan proximity fuse berbasis laser yang mendeteksi saat roket sasaran lewat di sebelah interceptor tersebut. Proximity fuse tersebut terletak dengan susunan collar 360 derajat di belakang seeker. Ledakan Tamir yang berbentuk cincin dengan sharpnel kemudian akan menghancurkan roket lawan.

Meskipun Tamir didesain sebagai senjata proximity, acapkali Tamir cukup lincah dan akurat untuk mencegat roket lawan dengan hit-to-kill.

Jatuhnya seeker/fuse Tamir secara utuh ini sangat disayangkan sebagai salah satu teknologi kunci dari sistem C-RAM Iron Dome. Ada potensi bahwa teknologi yang di-recover secara utuh dapat jatuh ke pihak yang tidak diinginkan, lalu dipelajari atau bahkan di-reverse engineer. Tidak hanya Israel, ini adalah resiko potensial umum bagi pihak-pihak yang menggunakan senjata canggih dalam pertempuran.

Baca Juga:  Vostok 2018 Sukses, Rusia dan China Siap Gelar Latihan Militer Bersama Tiap Tahun

Dalam 48 jam terakhir, battery Iron Dome Israel memang sangat aktif karena sekitar 450+ roket telah ditembakkan ke wilayah Israel dari Gaza (1 roket setiap 7 menit), dimana sekitar 90% dicegat oleh Iron Dome. AU Israel kemudian melancarkan serangan balasan ke sasaran-sasaran terkait yang berhubungan dengan serangan roket tersebut.

Sumber:

https://www.thedrive.com/the-war-zone/31018/intact-laser-fuse-section-of-an-iron-dome-tamir-interceptor-fell-into-gaza

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan