Italia Gantikan Pesawat Patroli Maritim Atlantic dengan P-72A

Italia mempensiunkan pesawat patroli maritim (maritime patrol aircraft – MPA) Breguet Br.1150 Atlantic dan memperkenalkan pesawat patoli maritim baru P-72A dalam sebuah upacara yang diadakan kemarin (21/09) di Sigonella. Pesawat Atlantic telah digunakan selama 45 tahun dan mengumpulkan total 250.000 jam terbang.

P-72A adalah sebuah pesawat patroli maritim segala cuaca yang dikembangkan dari pesawat penumpang sipil regional ATR72-600. Pesawat ini dikembangkan oleh ATR (Aerei da Trasporto Regionale atau Avions de transport régional), perusahaan patungan yang dibentuk oleh perusahaan kedirgantaraan Perancis Aérospatiale (sekarang Airbus) dan konglomerat penerbangan Italia Aeritalia (sekarang Leonardo S.p.A.).

Pesawat ini dilengkapi dengan sistem misi Airborne Tactical Observation and Surveillance (ATOS) Leonardo, radar active electronically scanned array (AESA) Selex Seaspray 7300 dan sensor electro-optical/infrared (EO/IR) FLIR Star SAFIRE.

Suite perlindungan diri pesawat didasarkan pada sistem electronic support measures (ESM) ELT800V2 buatan Elettronica seperti yang terpasang pada pesawat angkut Alenia C-27J Spartan. Perangkat ini memungkinkan P-72A beroperasi di lingkungan yang rawan. Sistem ini mencakup chaff & flare dispenser (CFD), missile approach warning system (MAWS), radar warning receiver (RWR) dan laser countermeasure.

Pesawat ini juga dilengkapi dengan jendela bubble untuk pengamat, pintu belakang yang dapat dibuka, suite bantuan pertahanan (defensive aids suite), dan empat hardpoint, dua pada setiap sisi fuselage, yang memungkinkan untuk membawa torpedo.

Baca Juga:  Helikopter Agusta Westland AW101 Pesanan TNI Siap Dikirim

Panjang badan pesawat bertambah sekitar 1,5 m karena penambahan defensive aids suite pada ekor. Pesawat ini mampu menerbangi misi yang berlangsung selama enam setengah jam pada jarak hingga 200 mil laut dari lokasi awalnya.

Pesawat ini dirancang untuk beberapa misi termasuk patroli maritim untuk pencarian dan identifikasi kapal permukaan, misi SAR (search and rescue), pencegahan perdagangan narkotika, pembajakan dan penyelundupan, keamanan teritorial perairan dan pemantauan dan intervensi jika terjadi bencana lingkungan.

Leonardo Finmeccanica mengirimkan dua pesawat dari total empat P-72A ke Angkatan Udara Italia pada bulan Desember tahun lalu. Keempat P-72A menjadi pengganti sementara untuk pesawat Atlantic, penggantian penuh kemungkinan akan dilakukan setelah tahun 2020 dengan tambahan pembelian .


Seperti halnya pesawat Atlantic, P-72A akan dioperasikan oleh Angkatan Udara Italia namun dikendalikan oleh Angkatan Laut Italia. Pesawat tersebut akan memiliki awak penerbangan campuran dari Angkatan Udara Italia dan Penerbangan Angkatan Laut Italia (Aviazione Navale).

Sumber : defpost.comnavyrecognition.com (diterjemahkan dan diedit olh TSM)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan