Italia Pamerkan Pesawat F-35 Hasil Rakitanya Sendiri

Pesawat tempur generasi ke-5 F-35 adalah proyek kerjasama multinasional yang diprakarsai Amerika Serikat untuk negara-negara sekutunya. Karenanya pesawat ini punya nama resmi JSF F-35 kepanjangan dari Joint Strike Fighter. Setelah Jepang, kali ini Italia mengenalkan pada publik Pesawat Tempur F-35 buatan sendiri lisensi dari AS dengan kode BL-1.

F-35B adalah varian dari jet tempur F-35. Jet tempur F-35 generasi kelima selama ini ini dianggap kontroversial karena biaya produksi sangat mahal namun kinerjanya bermasalah. Mahalnya biaya pengembangan yang juga ditanggung banyak negara sekutu AS membuat Kanada mundur dari proyek bersama ini.

Italia adalah negara kedua setelah Jepang yang telah diizinkan memproduksi sendiri pesawat ini.

 Pesawat yang dibuat versi Italia ini diberi nama kode BL-1. Pesawat diluncurkan pada hari Jumat di sebuah fasilitas industri di Kota Cameri, Italia utara. Demikian pernyataan pers Lockheed Martin.

Pesawat jet tempur ini akan melakukan penerbangan perdananya pada akhir Agustus. Pesawat akan dikirim ke militer Italia pada bulan November tahun 2017.


Setelah menjalani serangkaian ”penerbangan kepercayaan”, pesawat jet tempur siluman ini akan diterbangkan ke pangkalan Angkatan Laut AS di Maryland untuk mendapatkan sertifikasi dan pelatihan awak pada awal tahun 2018.

Menurut Lockheed Martin, Angkatan Udara Italia telah menerbangkan lebih dari 100 jam terbang untuk pesawat tempur tersebut.

Baca Juga:  India Beri Hadiah Uang Bagi Warga Yang Menemukan Pesawat Antonov An-32 Yang Jatuh

”Italia bukan hanya mitra program F-35 yang dinilai telah mencapai banyak program F-35 pertama, namun juga merupakan komponen kekuatan udara NATO yang kritis, yang memberikan kekuatan udara maju bagi aliansi untuk satu dekade yang akan datang,” kata Doug Wilhelm, Wakil Presiden Manajemen Program F-35 Lockheed Martin, seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (7/5/2017).

F-35 sedang dibangun oleh AS bekerjasama dengan beberapa negara mitra. Hal ini diyakini sebagai pesawat termahal yang pernah dirancang untuk militer.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan