J-20 Dragon China Jadi Pesawat Siluman Kursi Ganda Pertama

Pesawat tempur siluman J-20 Mighty Dragon buatan China sepertinya akan menjadi pesawat siluman pertama dengan kursi Ganda.

Selama ini, jet tempur siluman di dunia seperti F-22 dan F-35 dari Amerika Serikat atau Sukhoi Su-57 dari Rusia tidak ada yang memiliki kursi ganda. Artinya, kalau sampai muncul J-20 kursi ganda, maka ia berhak menyandang gelar sebagai jet tempur siluman berawak dua pertama di dunia.

Varian kursi ganda sendiri akan memungkinkan satu jet tempur siluman mengakomodasi tugas yang lebih spesifik. China sendiri nampaknya akan mengembangkan jet tempur J-20 Mighty Dragon menjadi sejumlah varian khusus seperti pembom, peperangan elektronik, dan bahkan jet tempur yang mampu beroperasi dari kapal induk.



Sejumlah laporan dari pengamat mengatakan bahwa J-20 Mighty Dragon berkursi ganda ini tengah dikembangkan. Kursi ganda memungkinkan awak berbagi tugas, pilot bertempur dan bermanuver sementara navigator/ co-pilot mengendalikan subsistem yang ada pada pesawat.

Yang Wei selaku kepala perancangan J-20 Mighty Dragon sendri mengatakan pada bulan Maret 2018 bahwa jet tempurnya itu selalu dikembangkan kemampuan tempurnya.

Sumber: globalnews/UC News by Aryo Nugroho

Baca Juga:  Apa Yang Ditakuti Rusia Dari Sistem Anti Rudal Amerika RIM-161 SM-3

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan