J31 Kembali Dipamerkan Oleh China Untuk Umum

China kembali memamerkan jet tempur yang bikin meradang Amerika dan NATO, Shenyang J-31 (juga dikenal sebagai “Gyrfalcon”). J31 dipamerkan di Cina di arena “Pameran Manufaktur Peralatan Internasional ke-15” di Shenyang, Provinsi Liaoning pada 1 September 2016.

Shenyang J-31 (F-60) adalah jet tempur generasi kelima, multi-peran, dengan mesin ganda. Pesawat tempur siluman ini diproduksi untuk Angkatan Udara Angkatan Pembebasan Rakyat (PLAAF) oleh Shenyang Aircraft Corporation, sebuah afiliasi dari Aviation Industry Corporation of China (AVIC). Ini adalah pesawat tempur siluman kedua bahwa asli China yang dikembangkan setelah J-20.

Jet tempur J-31 ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan tempur AU China dalam pertempuran udara jarak dekat, pemboman dan patroli udara. Juga dapat digunakan untuk menganggu wilayah udara dan radar musuh dan yang utama dapat digunakan mengebom kapal induk musuh. J31 diharapin sudah siap diproduksi tahun 2021.


Prototipe pertama J-31 pertama kali dikenalkan tahun 2012, lalu uji terbang perdana pada tahun 2014 di Zhuhai Air Show. Desain J31 telah membuat Amerika marah, banyak analis yang menudiang bahwa J31 adalah model kopi dari Jet Tempur F35, pesawat joint venture anggota NATO.

Kemiripan F35 vs J31 Shenyang
Kemiripan F35 vs J31 Shenyang
Baca Juga:  Thailand Bakal Diperkuat Meriam Buatan Israel di Perbatasan Dengan Kamboja

1 Komentar

Tinggalkan Balasan