Jack In The Box Kill, Kekalahan Tank Yang Mengerikan

Jack-in-the-box adalah sejenis efek catastrophic kill yang terjadi pada tank serta kendaraan lapis baja lainnya yang memiliki turret, dimana ledakan penyimpanan munisi dari kendaraan tersebut menyebabkan turret terlontar keluar dari hull kendaraan.

Jika amunisi lawan berhasil menembus hull kendaraan dan mengenai tempat penyimpanan munisi, efek panas, tekanan maupun gelombang kejut dari perkenaan munisi lawan tersebut dapat menyebabkan terjadinya cookoff atau sympathetic detonation terhadap munisi di tempat penyimpanan.

Ledakan dari munisi tersimpan yang terpicu kemudian menimbulkan overpressure di dalam kompartemen internal kendaraan yang merupakan ruang tertutup. Semua tekanan itu otomatis akan berusaha keluar dari titik yang terlemah di kendaraan, yaitu turret ring. Hasilnya jelas, turret akan lepas dan terlempar keluar dari badan utama kendaraan.


Desain tank di era WWII dan Perang Dingin awal rentan terhadap catastrophic kill jenis ini. Untuk mencegah terjadinya jack-in-the-box, tank-tank yang lebih modern memanfaatkan beberapa proteksi spesifik.

Misalnya M1 Abrams memanfaatkan blowout panel di kompartemen amunisi, tiga di bagian atas turret bustle. Blowout panel tidak terpasang dengan kuat sehingga ketika penyimpanan munisi mulai terbakar, blowout panel akan lepas dan api serta tekanan di dalam akan keluar dari blowout panel. Api dan tekanan akan tersalurkan ke atas dan ke luar, menjauh dari kompartemen awak.

Sumber: Lighting Ii Chan-Hex

Baca Juga:  Senapan Bawah Air Untuk Pasukan Khusus Rusia

https://en.wikipedia.org/wiki/Jack-in-the-box_effect


https://books.google.co.id/books?id=M1P6jT8_yrgC&pg=PA109&lpg=PA109&dq=abrams+blowout+panels&source=bl&ots=U8AVYu5wOV&sig=ACfU3U0-C8fJMXywSSRovYnQms5_GAEcdQ&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiQ9-qM_tHhAhX463MBHYF9DgEQ6AEwEXoECAcQAQ#v=onepage&q=abrams%20blowout%20panels&f=false

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan