JARI Kapal Perang Tanpa Awak Penuh Senjata Buatan China

China kenalkan kapal tanpa awak bari yang diberi nama JARI. Kapal ini diklaim sebagai kapal tanpa awak dengan persenjataan paling kuat di dunia. Kapal ini juga mampu memburu kapal selam.

Menurut sebuah laporan dalam edisi terbaru Ordnance Industry Science Technology, prototipe kapal ini diluncurkan pada Agustus lalu dan telah lulus uji coba berlayar.

Kapal ini dilengkapi radar array bertahap aktif dan sistem elektronik canggih lainnya mirip dengan yang ada di kapal perusak Aegis kelas Arleigh Burke Amerika Serikat (AS) atau penghancur rudal berpemandu Tipe 052D China. Kapal ini pun dijuluki “kapal perusak Aegis mini”. Sistem sonarnya dapat melacak target bawah laut hingga 7 km.

Kapal dengan panjang 15 meter dan berbobot 20 ton sedang dikembangkan oleh China Shipbuilding Industry Corporation (CSIC) dan memiliki jangkauan sejauh 500 mil laut dan kecepatan tertinggi 42 knot.

Persenjataannya memberinya ruang untuk melakukan misi anti-kapal selam, pertahanan udara, dan anti-kapal. Drone ini memiliki meriam 30mm, rudal pertahanan udara jarak dekat, dua peluncur rudal darat-ke-udara serta anti-kapal kecil dan dua peluncur torpedo anti-kapal selam.

Baca Juga:  Sukhoi Su-57 Akan Mulai Dikirim Tahun 2020 ini

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan