Jelajahi “Body” MBT Leopard 2Ri Batalyon Kavaleri 1/Tank Kostrad TNI AD

Akhir Maret 2017, total pengadaan 61 unit MBT (Main Battle Tank) Leopard 2Ri (Republic of Indonesia) dari Jerman telah lengkap diterima. Dan ini menjadikan babak baru Indonesia sebagai kekuatan kavaleri modern di kawasan Asia Tenggara. Karena menjadi alutsista yang paling mendapat perhatian, bahasan seputar MBT tercanggih di Asia Tenggara ini sudah lumayan sering dikupas. Meski begitu, belum banyak pembaca yang dapat melihat lebih detail keunggulan MBT ini dibanding versi standarnya (Leopard 2A4).

Penulis mengajak pembaca untuk melihat lebih dekat ‘kulit luar’ dari tank tempur utama racikan Rheinmetall Defence, dari Batalyon Kavaleri (Yonkav) 1/Tank Kostrad, dijelaskan disini bagaimana keunggulan fitur di MBT Leopard 2Ri, dimana fitur-fitur ini tidak ada pada varian Leopard 2A4.

Front/Rear camera

Fasilitas kamera untuk juru mudi sangat memudahkan pengoperasian dan kendali tank. Dalam kondisi tertentu, pengemudi dapat lebih mengetahui kondisi tank tanpa harus melihat periskop dan blok prisma. Kamera untuk driver ini juga punya kemampuan night vision. Kamera pun tak hanya ada di depan, di bagian bekakang juga ada rear camera, memudahkan pengemudi untuk memantau kondisi dan melakukan parkir. Yang harus diwaspadai, modul kamera ini bakal menjadi salah satu sasaran favorit dari sniper.

Periskop Komandan

Komandan dibebali persikop dari sistem kamera PERI R-17. Periskop ini memungkinkan komandan tank untuk memantau kondisi siang dan malam, termasuk dalam segala cuaca. Pada dasarnya PERI R-17 adalah teleskop gyro stabilized panoramic. Dalam simulasi petempuran, antara komandan dan gunner (juru tembak) akan berbagi tugas pengawasan pada dua sudut. Bila komandan menemukan sasaran, maka Ia dapat menggerakan kubah lewat joystick. Sementata untuk penyelarasan laras dan eksekusi penembakkan dilakukan oleh gunner atas perintah komandan.

Baca Juga:  Operasi Militer Di Filipina Enggak Bisa Tiba-tiba

Auxiliary Power Unit (APU)

Prinsipnya sepert genset dan ditempatkan di bagian kanan belakang. Dengan APU maka semua sistem pada kubah, termasuk laras dapat digerakkan meski mesin diesel tank dalam kondisi mati.

Anti Nuclear Radiation dan Climate Control


Sebagai produk lansiran Barat, MBT Leopard ini dilengkapi fasilitas keamanan bagi awaknya, yakni berupa anti nuclear radiation particle yang disematkan berupa filter di bagian kanan belakang. Dengan filter ini, maka sistem sirkulasi udara pada blower untuk awak tank dapat tetap terjaga.

AMAP


Leopard 2Ri dilapisi blok komposit AMAP (Advanced Modular Armour Protection) buatan IBD (IngenierBüro Deisenroth)-Deisenroth. Konsepnya adalah perlindungan 360 derajat, dimana Leopard 2 Revolution harus bisa dilindungi dari segala sisi. Lapisan pelindung ini terdiri atas materi nano keramik serta titanium dan baja alloy, yang diklaim memberikan kemampuan perlindungan yang jauh lebih baik. Karena sifatnya yang modular alias bisa dibongkar pasang, pengguna bisa memilih variasi kemampuan proteksi sesuai kebutuhan, seperti untuk menangkal granat berpeluncur roket (RPG) atau untuk peledak improvisasi (IED). (Haryo Adjie)

Sumber : indomiliter.com

Advertisements

1 Komentar

Tinggalkan Balasan